PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MODEL RME DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS

Selvia Lovita, Sari (2025) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MODEL RME DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Selvia Lovita Sari_Abstrak.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] File PDF
Selvia Lovita Sari_Tesis Full.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3569Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Selvia Lovita Sari_Tesis Tanpa Pembahasan.pdf

Download (2867Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini merupakan jenis Research and Development (R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis Model Realistic Mathematics Education (RME) dengan pendekatan saintifik yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Penelitian ini didasari oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di UPT SMP Negeri 1 Pardasuka pada semester ganjil tahun pelajaran 2025/2026. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi ahli materi, ahli media dan ahli bahasa, angket respon peserta didik dan guru, serta soal tes kemampuan komunikasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD tergolong valid dengan rata-rata skor validasi materi sebesar 0,88, validasi ahli media sebesar 0,90 dan validasi ahli bahasa sebesar 0,87. LKPD juga dinyatakan praktis berdasarkan rata-rata tanggapan peserta didiksebesar 0,89 dan guru sebesar 0,89. Berdasarkan hasil analisis keefektifan, menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menggunakan LKPD berbasis model RME dengan pendekatan saintifik lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak menggunakan LKPD. Dengan demikian, LKPD berbasis model RME dengan pendekatan saintifik memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2507373071 Digilib
Date Deposited: 23 Dec 2025 02:43
Terakhir diubah: 23 Dec 2025 02:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94525

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir