Retno, Wuri Handayani (2025) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM UNTUK PESERTA DIDIK SMP. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf Download (200Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2336Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2263Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk video pembelajaran berbasis animasi pada materi perubahan iklim yang layak digunakan oleh peserta didik SMP. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan Desain dan Development Research (DDR) dari Richey dan Klien (2007) yang terdiri dari empat tahapan, yaitu analysis, design, development, dan evaluation. Pengembangan dilakukan di SMP Negeri 5 Bandar Lampung pada kelompok kecil berjumlah enam peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan pada pengembangan ini yaitu uji teoritik dan uji empiris. Uji teoritik dilakukan oleh satu ahli media dan satu ahli materi. Uji empiris dilakukan dengan menyebarkan angket kepada peserta didik dan angket persepsi guru. Angket persepsi guru diberikan kepada guru IPA SMP Negeri 5 Bandar Lampung dan angket peserta didik diberikan kepada kelompok kecil yang berjumlah enam peserta didik. Hasil rata-rata keseluruhan pada uji ahli materi mendapatkan skor 3,58 dengan kriteria sangat layak. Hasil rata-rata keseluruhan pada uji ahli media mendapatkan skor 3,96 dengan kriteria sangat layak. Hasil rata-rata penilaian persepsi guru mendapatkan presentase sebesar 95% dengan kriteria sangat baik. Hasil rata-rata penilaian tanggapan peserta didik mendapatkan presentase sebesar 96% dengan kriteria sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Video, Animasi, Perubahan Iklim
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Teknologi Informasi |
| Pengguna Deposit: | 2507618954 Digilib |
| Date Deposited: | 22 Dec 2025 06:37 |
| Terakhir diubah: | 22 Dec 2025 06:37 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94545 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
