ANALISIS GENERALIZED ESTIMATING EQUATION (GEE) BERBASIS SKOR FAKTOR: STUDI KASUS GOAL-SETTING MAHASISWA

Rahma , Faelasofi (2025) ANALISIS GENERALIZED ESTIMATING EQUATION (GEE) BERBASIS SKOR FAKTOR: STUDI KASUS GOAL-SETTING MAHASISWA. [Disertasi]

[img]
Preview
File PDF
Abstrak-Rahma F.pdf

Download (458Kb) | Preview
[img] File PDF
Rahma Faelasofi-Disertasi-BabI-V.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3602Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Rahma Faelasofi-Disertasi-Tanpa Bab IV.pdf

Download (2932Kb) | Preview
Official URL: https://www.asianresassoc.org/journals/index.php/a...

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Generalized Estimating Equation (GEE) merupakan pendekatan statistik yang digunakan untuk menganalisis data longitudinal dengan mempertimbangkan korelasi antar waktu pada subjek yang sama. Pada penelitian ini, analisis dilakukan dengan mengintegrasikan skor faktor hasil analisis Confirmatory Factor Analysis (CFA) ke pendekatan GEE. Dengan menggunakan pendekatan GEE berbasis skor faktor, tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan model pengaruh self-observation, self-judgment, self-efficacy, dan self-regulated terhadap goal-setting mahasiswa serta menghasilkan rumusan intervensi pendidikan berdasar pada data dan teori psikologi sosial-kognitif. Data penelitian dikumpulkan dari mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) PTMA semester tiga selama tiga periode waktu. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) hasil CFA menunjukkan bahwa struktur faktor variabel self-observation, self-judgment, self-efficacy, self-regulated, dan goal-setting terkonfirmasi dengan baik dan sesuai dengan model teoretis; 2) hasil GEE klasik, GEE klasik tanpa outlier, dan GEE robust menunjukkan bahwa keempat konstruk self-observation, self-judgment, self-efficacy, dan self-regulated berpengaruh positif dan signifikan terhadap goal-setting; (3) model matriks korelasi kerja unstructured sebagai representasi longitudinal yang layak digunakan untuk merepresentasikan pengaruh self-observation, self-judgment, self-efficacy, dan self-regulated terhadap goal-setting; serta (4) bentuk intervensi pendidikan yang dapat direkomendasikan yaitu pelaksanaan pembelajaran yang fleksibel dan reflektif seperti learning journals, peer mentoring, dan self-assessment student yang mendukung mahasiswa mengenali potensi, mengelola sumber daya, serta menavigasi tantangan akademik dan profesional secara efektif. Kata kunci: generalized estimating equation; confirmatory factor analysis; skor faktor; gamma; goal-setting.

Jenis Karya Akhir: Disertasi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (FMIPA) > Prodi S3 Doktor MIPA
Pengguna Deposit: 2507248814 Digilib
Date Deposited: 22 Dec 2025 06:21
Terakhir diubah: 22 Dec 2025 06:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94562

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir