EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DITINJAU DARI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA (Studi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 29 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Ajaran 2024/2025)

Puri Dafa, Ariani (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DITINJAU DARI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA (Studi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 29 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Ajaran 2024/2025). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img] File PDF
FILE TUGAS AKHIR SKRIPSI FULL (Wajib Di Kunci dengan Status Hanay Terlihat oleh Staff).pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1778Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
FILE TUGAS AKHIR SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1739Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Creative Problem Solving ditinjau dari kemampuan penalaran matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 29 Bandar Lampung tahun pelajaran 2024/2025, sebanyak 340 siswa yang terdistribusi ke dalam sebelas kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-9 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 30 siswa dan kelas VII-10 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 28 siswa yang terpilih dengan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes kemampuan penalaran matematis siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji Mann Whitney U diperoleh bahwa peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran Creative Problem Solving lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil uji binomial diperoleh bahwa persentase siswa yang memiliki kemampuan penalaran matematis terkategori baik pada kelas dengan model pembelajaran Creative Problem Solving lebih dari 60%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving efektif dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Kata Kunci: creative problem solving, efektivitas, penalaran matematis

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2507924229 Digilib
Date Deposited: 22 Dec 2025 07:57
Terakhir diubah: 22 Dec 2025 07:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94567

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir