YOLA FATIKA , ZIKAS (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI WAYGROUND PAPER MODE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPAS DI SDN 2 CAMPANG RAYA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (116Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2072Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1874Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Motivasi belajar merupakan dorongan internal dan eksternal yang mampu membangkitkan semangat peserta didik untuk terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini, dilatar belakangi oleh data temuan rendahnya minat belajar pada mata pelajaran IPAS yang ditandai dengan minimnya partisipasi, antusiasme, dan inisiatif pada kegiatan pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan aplikasi wayground paper mode terhadap motivasi belajar peserta didik kelas V. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain one group pre-test and post-test. Sampel penelitian adalah 26 peserta didik kelas V C yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket motivasi belajar yang diberikan sebelum dan sesudah. Berdasarkan Hasil Analisis menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada skor motivasi belajar, ditandai dengan adanya kenaikan skor pada setiap indikator. Uji hipotesis menggunakan Paired Samples T-Test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,001 (Sig. < 0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan hipotesis Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif model pembelajaran PBL berbantuan aplikasi wayground paper mode terhadap motivasi belajar peserta didik kelas V pada pembelajaran IPAS di SDN 2 Campang Raya. Kata Kunci: Problem Based Learning, Wayground Paper Mode, Motivasi Belajar, IPAS Learning motivation was an internal and external drive that encouraged students to actively engage in the learning process. This study was based on the initial findings that showed low motivation in the IPAS subject, indicated by limited participation, low enthusiasm, and a lack of initiative during learning activities. The purpose of this research was to determine the effect of the Problem Based Learning (PBL) model assisted by the wayground paper mode application on the learning motivation of fifth-grade students. This study used a descriptive qualitative method approach with a one-group pre-test and post-test design. The research sample consisted of 26 fifth-grade students selected through purposive sampling. Data were collected using a learning motivation questionnaire administered before and after the treatment. The results of the analysis showed a significant increase in students’ motivation scores, indicated by improvements in every motivation indicator. The hypothesis test using the Paired Samples T-Test showed a significance value of 0.001 (Sig. < 0.05). These results indicated that H0 was rejected and Ha was accepted. Therefore, it was concluded that the PBL model assisted by the wayground paper mode application had a positive effect on the learning motivation of fifth-grade students in the IPAS subject at SDN 2 Campang Raya. Keywords: Problem Based Learning, Wayground Paper Mode, Learning Motivation, IPAS.
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
| Pengguna Deposit: | 2507230134 Digilib |
| Date Deposited: | 23 Dec 2025 07:07 |
| Terakhir diubah: | 23 Dec 2025 07:07 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94588 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
