PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SEKOLAH DASAR

IRMANDA , FRAHANI (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (130Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV pada mata pelajaran pendidikan pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantuan video animasi terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran pendidikan pancasila. Metode penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment design) dengan desain penelitian, yaitu non-equivalent control group design. Populasi penelitian seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri 3 Jatimulyo tahun ajaran 2024/2025 dengan sampel kelas IV B sebagai kelas eksperimen dan kelas IV A sebagai kelas kontrol. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 56 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan hasil thitung ≥ ttabel, yaitu terdapat pengaruh model problem based learning berbantuan video animasi terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV pada mata pelajaran pendidikan pancasila di SD Negeri 3 Jatimulyo Tahun Ajaran 2024/2025. Kata kunci : kemampuan berpikir kritis, model problem based learning, video animasi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2507378073 Digilib
Date Deposited: 24 Dec 2025 08:41
Terakhir diubah: 24 Dec 2025 08:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94630

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir