PENGGUNAAN IEKAD (INVENTORI EKSPLORASI KARIR ARAHAN DIRI) DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MEMBANTU SISWA MEMAHAMI RENCANA PILIHAN KARIR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TUMIJAJAR TAHUN AJARAN 2013/2014

Citra Passa Hartadi, 0713052021 (2014) PENGGUNAAN IEKAD (INVENTORI EKSPLORASI KARIR ARAHAN DIRI) DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MEMBANTU SISWA MEMAHAMI RENCANA PILIHAN KARIR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TUMIJAJAR TAHUN AJARAN 2013/2014. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (501Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (420Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (499Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR BAGAN.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (45Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (180Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK PENGGUNAAN IEKAD DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MEMBANTU SISWA MEMAHAMI RENCANA PILIHAN KARIR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TUMIJAJAR Oleh CITRA PASSA HARTADI Permasalahan dalam penelitian ini adalah kesulitan memahami potensi diri dan rencana pilihan karirnya. Penelitian ini bertujuan untuk membantu siswa memahami rencana karirnya dengan menggunakan IEKAD dalam bimbingan kelompok dan membandingkan tingkat pemahaman antara kelas IPA dan kelas IPS setelah diberi perlakuan. Metode yang digunakan yaitu quasi eksperimen kelompok eksperimen dan kelompok kontrol tidak dilakukan randomisasi. Adapun desain yang digunakan adalah non randomized pre test-post test kontrol group. Subjek penelitian untuk kelas IPA sebanyak 31 siswa untuk kelompok eksperimen dan 31 siswa sebagai kelompok kontrol. Sedangkan untuk kelas IPS sebanyak 29 siswa untuk kelompok eksperimen dan 29 siswa utnuk kelompok kontrol.Teknik pengumpulan data menggunakan IEKAD dan skala pemahaman pilihan karir. Hasil penelitian data dengan uji-t pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol di kelas IPA menunjukkan bahwa t hitung > t tabel (12,77 > 2,00) dan untuk kelas IPS menunjukkan bahwa t hitung > t tabel (8,13 > 2,00) maka Ha diterima dan Ho ditolak artinya pemahaman rencana pilihan karir dapat ditingkatkan dengan menggunakan IEKAD. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pemahaman tentang rencana pilihan karir siswa dapat ditingkatkan menggunakan IEKAD dalam layanan bimbingan kelompok. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah (1) kepada guru pembimbing hendaknya dapat membantu siswa memahami hal-hal yang berkaitan dengan potensi diri, bakat, dan minat siswa dimasa yang akan datang serta dapat membantu siswa mengarahkan/memahami pilihan karir dengan menggunakan IEKAD. (2) kepada siswa hendaknya memilih jurusan yang sesuai dengan potensi dirinya agar dapat lebih memahami pilihan karir masa depannya. Sebelumnya siswa dapat mempelajari IEKAD. (3) kepada peneliti lain, IEKAD dalam bimbingan kelompok cocok untuk membantu siswa meningkatkan pemahaman rencana pilihan karirnya. Kata kunci : IEKAD, Bimbingan Kelompok, Pilihan Karir.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
L Education > LC Special aspects of education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: 4317637 . Digilib
Date Deposited: 29 Apr 2015 08:42
Last Modified: 29 Apr 2015 08:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9488

Actions (login required)

View Item View Item