PEMBELAJARAN RAGAM GERAK TARI SIGEH PENGUNTEN MENGGUNAKAN MODEL BERMAIN PERAN DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMP NEGERI 1 GEDUNG MENENG TULANG BAWANG

Wayan Dewi Kamala Sari, 1113043040 (2015) PEMBELAJARAN RAGAM GERAK TARI SIGEH PENGUNTEN MENGGUNAKAN MODEL BERMAIN PERAN DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMP NEGERI 1 GEDUNG MENENG TULANG BAWANG. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (148Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (132Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (44Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR DIAGRAM.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (128Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (690Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (230Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1952Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (61Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (57Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK PEMBELAJARAN RAGAM GERAK TARI SIGEH PENGUNTEN MENGGUNAKAN MODEL BERMAIN PERAN DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMP NEGERI 1 GEDUNG MENENG TULANG BAWANG Oleh Wayan Dewi Kamala Sari Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana proses dan hasil belajar ragam gerak tari sigeh pengunten menggunakan model bermain peran dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 1 Gedung Meneng Tulang Bawang, Penelitian ini menggunakan teori pembelajaran behavioristik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran dengan menggunakan model bermain peran, aktivitas siswa dalam pembelajaran tari sigeh pengunten dan hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran ragam gerak tari sigeh pengunten. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah guru, 15 siswa perempuan tari sigeh pengunten dan 15 ragam geraknya. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi tes praktik dan non tes. Model bermain peran diterapkan dalam proses pembelajaran ragam gerak tari sigeh pengunten dari pertemuan pertama hingga pertemuan kedelapan hanya pada aspek ke 6 dan 9 tidak dilaksanakan. Model bermain peran memiliki sembilan langkah yaitu mengatur siswa untuk pemanasan, memilih pemain partisipan, menyiapkan pengamat, menata panggung untuk tempat latihan, memainkan peran, diskusi dan evaluasi pertama, persentasi, diskusi dan evaluasi kedua, berbagi pengalaman dan kesimpulan. Dari 15 siswa terbentuk 3 kelompok yang dilatih oleh siswa yang bermain peran disetiap kelompok. Hasil pembelajaran ragam gerak tari sigeh pengunten dengan menggunakan model bermain peran diberikan melalui tiga aspek yaitu wiraga memperoleh 74,6% dengan kriteria baik, wirama 77,3% dengan kriteria baik, wirasa 36,6% dengan kriteria kurang, selain itu juga diadakan penilaian tentang aktivitas belajar siswa pada setiap pertemuan. Hasil proses pembelajaran ragam gerak tari sigeh pengunten menggunakan model bermain peran pada tes tari sigeh pengunten memperoleh rata-rata 63,5% dengan kriteria cukup. Kata Kunci:Pembelajaran Tari Sigeh Pengunten Model Bermain Peran, Penilaian ABSTRACT LEARNING TYPES OF SIGEH PENGUTEN MOVEMENTS TROUGH ACT ROLE PLAY ON EXTRACURRICULAR ACTIVITIES IN SMP NEGERI 1 GEDUNG MENENG TULANG BAWANG By Wayan Dewi Kamala Sari The problem in this research is how the process and outcomes of learning kind of motion sigeh pengunten dance using role play act in extracurricular activities at SMP Negeri 1 Gedung Meneng Tulang Bawang, This research using behavioristic learning theory. Aims to describe the process and outcomes of learning by using role play model, students activities in kind of sigeh pengunten dance motion lessons and students outcomes of learning after kind of sigeh pengunten dance motion lessons process. This research using descriptive qualitative research type. Data sources in this research is teacher, 15 female students, Sigeh Pengunten dance and 15 its kind of motion. Used data collection techniques is observation, interviews, documentation, practices testing and non-testing. Role play model applied in kind of sigeh pengunten dance motion lessons process from first meet to eighth meet only the aspects to 8 dan 9 are not implemented. Have nine steps, organize students to warm up, choose a participant player, preparing observer, organize training room, role playing, discussion and evaluation, presentation, second discussion and evaluation, sharing experiences and conclusions. From 15 students 3 groups were trained by students role play in each group. Wide learning out comes sigeh pengunten dance using role play act given through three aspect wiraga 74,6% with both criteria, wirama 77,3% with both criteria, wirasa 36,6% with less criteria, but is also held an assessment of student learning activities at each meeting. Learning outcomes of sigeh pengunten dance using role play act shows that from the teacher assessment aspect obtain 63,5% average with sufficient criteria. Key word : dance learning, sigeh pengunten, act role play, assessment.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
L Education > LC Special aspects of education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik
Depositing User: 6355322 . Digilib
Date Deposited: 30 Apr 2015 04:15
Last Modified: 30 Apr 2015 04:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9501

Actions (login required)

View Item View Item