PERSEPSI GURU IPS TENTANG AUTHENTIC ASSESSMENT (PENILAIAN SEBENARNYA) PADA TINGKAT SMP DI KECAMATAN NEGERIKATON KABUPATEN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010

0413034015, Amallia (2010) PERSEPSI GURU IPS TENTANG AUTHENTIC ASSESSMENT (PENILAIAN SEBENARNYA) PADA TINGKAT SMP DI KECAMATAN NEGERIKATON KABUPATEN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010. UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (565Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover dalam.pdf

Download (72Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar gambar.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar tabel.pdf

Download (60Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
moto.pdf

Download (44Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
pengesahan.pdf

Download (60Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
pernyataan.pdf

Download (57Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
persembahan.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
persetujuan.pdf

Download (75Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
riwayat hidup.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
sanwacana.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I OLIVE.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II OLIVE.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III OLIVE.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV OLIVE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V OLIVE.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9Kb) | Preview

Abstrak

Evaluasi model authentic assessment (penilaian sebenarnya) mendorong siswa untuk menerapkan informasi hasil belajar yang diperoleh ke dalam dunia nyata. Pada prinsipnya Authentic assessment menekankan agar siswa mampu mempelajari, bukan apa yang diperolehnya di akhir proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi di seluruh SMP/MTs yang ada di Kecamatan Negeri Katon bahwa sebanyak 18 dari 30 orang guru (60%) para responden merasa akan kesulitan jika menggunakan authentic assessment berdasarkan prinsip-prinsip authentic assessment. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru IPS tentang authentic assessment berdasarkan prinsip-prinsip authentic assessment yaitu: (1) Pengetahuan dan pemahaman guru tentang authentic assessment, (2) Pengukuran semua aspek pembelajaran, (3) Keterbatasan waktu pelaksanaan penilaian, (4) Pemanfaatan sumber belajar, (5) Pengumpulan data penilaian selain dengan tes, (6) Tugas-tugas cerminan kehidupan nyata siswa, (7) Pengukuran kedalaman pengetahuan dan keahlian siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi, serta analisa penelitian menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Sebagian kecil guru setuju (5%) dalam hal pengetahuan dan pemahaman guru dalam authentic assessment, (2) Ada sebagian kecil guru setuju (25%) dalam hal pengukuran semua aspek pembelajaran, (3) Sebagian kecil guru setuju (15%) dalam hal keterbatasan waktu pelaksanaan penilaian (alokasi waktu), (4) Ada sebagian kecil guru setuju (10%) dalam hal pemanfaatan sumber penilaian, (5) Ada sebagian kecil guru yang setuju (10%) dalam hal pengumpulan data selain dengan tes, (6) Ada sebagian kecil guru yang setuju (10%) dalam hal tugas cerminan kehidupan siswa, (7) Ada sebagian kecil guru yang setuju (25%) dalam hal pengukuran kedalaman pengetahuan dan keahlian siswa dalam menggunakan authentic assessment

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Depositing User: UPT . TIK6
Date Deposited: 30 Apr 2015 07:41
Last Modified: 09 Sep 2015 07:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9580

Actions (login required)

View Item View Item