PENGEMBANGAN PERANGKAT ASESMEN OTENTIK TERTULIS PADA PEMBELAJARAN IPA TERPADU MELALUI SCIENTIFIC APPROACH

LUSI WULANDARI, 1113022030 (2015) PENGEMBANGAN PERANGKAT ASESMEN OTENTIK TERTULIS PADA PEMBELAJARAN IPA TERPADU MELALUI SCIENTIFIC APPROACH. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
COVER LUAR.pdf

Download (64Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (65Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (175Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (164Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (110Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (101Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (272Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (277Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (44Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK PENGEMBANGAN PERANGKAT ASESMEN OTENTIK TERTULIS PADA PEMBELAJARAN IPA TERPADU MELALUI SCIENTIFIC APPROACH Oleh LUSI WULANDARI Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat asesmen otentik tertulis pada pembelajaran IPA Terpadu melalui scientific approach serta mendeskripsikan pendapat guru mengenai kesesuaian, kemudahan, dan kemanfaatan penggunaan perangkat asesmen otentik tertulis pada pembelajaran IPA Terpadu melalui scientific approach. Metode pene¬litian yang digu¬nakan adalah penelitian pengembangan dengan langkah-langkah mulai dari analisis potensi dan masalah kemudian pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk dan tahap yang terakhir yaitu produksi. Berdasarkan uji validasi ahli diperoleh rata-rata persentase untuk aspek konstruksi 76,18% dengan kriteria tinggi, aspek subtansi 73,33% dengan kriteria tinggi, dan aspek bahasa 63,88% dengan kriteria tinggi. Hasil uji coba keoperasionalan perangkat asesmen yang dilakukan pada siswa diperoleh bahwa reliabilitas tes sebesar 0,65 dengan kriteria tinggi, 95,83% siswa telah tuntas dan 4,16% siswa belum tuntas. Berdasarkan hasil uji coba pemakaian, diperoleh persentase rata-rata kesesuaian produk 77,68% dengan kriteria tinggi, kemudahan penggunaan produk sebesar 74,30% dengan kriteria tinggi dan kemanfaatan produk sebesar 79,20% dengan kriteria tinggi. Berdasarkan hasil uji coba pemakaian diperoleh rata-rata kesesuaian, kemudahan, dan kemanfaatan perangkat asesmen otentik tertulis yang berkriteria tinggi. Hal ini berarti guru merespon baik perangkat asesmen otentik tertulis yang dikembang¬kan. Kata kunci: asesmen otentik tertulis, pembelajaran IPA terpadu, dan scientific approach.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
L Education > LC Special aspects of education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: 5458768 . Digilib
Date Deposited: 04 May 2015 04:00
Last Modified: 04 May 2015 04:00
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9653

Actions (login required)

View Item View Item