LUSI WULANDARI, 1113022030 (2015) PENGEMBANGAN PERANGKAT ASESMEN OTENTIK TERTULIS PADA PEMBELAJARAN IPA TERPADU MELALUI SCIENTIFIC APPROACH. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
Text
COVER LUAR.pdf Download (64Kb) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER DALAM.pdf Download (65Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (175Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (164Kb) | Preview |
|
|
Text
PERNYATAAN.pdf Download (110Kb) | Preview |
|
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
Text
PERSEMBAHAN.pdf Download (43Kb) | Preview |
|
|
Text
MOTTO.pdf Download (50Kb) | Preview |
|
|
Text
SANWACANA.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (101Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (272Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (277Kb) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (203Kb) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (44Kb) | Preview |
Abstrak
ABSTRAK PENGEMBANGAN PERANGKAT ASESMEN OTENTIK TERTULIS PADA PEMBELAJARAN IPA TERPADU MELALUI SCIENTIFIC APPROACH Oleh LUSI WULANDARI Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat asesmen otentik tertulis pada pembelajaran IPA Terpadu melalui scientific approach serta mendeskripsikan pendapat guru mengenai kesesuaian, kemudahan, dan kemanfaatan penggunaan perangkat asesmen otentik tertulis pada pembelajaran IPA Terpadu melalui scientific approach. Metode pene¬litian yang digu¬nakan adalah penelitian pengembangan dengan langkah-langkah mulai dari analisis potensi dan masalah kemudian pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk dan tahap yang terakhir yaitu produksi. Berdasarkan uji validasi ahli diperoleh rata-rata persentase untuk aspek konstruksi 76,18% dengan kriteria tinggi, aspek subtansi 73,33% dengan kriteria tinggi, dan aspek bahasa 63,88% dengan kriteria tinggi. Hasil uji coba keoperasionalan perangkat asesmen yang dilakukan pada siswa diperoleh bahwa reliabilitas tes sebesar 0,65 dengan kriteria tinggi, 95,83% siswa telah tuntas dan 4,16% siswa belum tuntas. Berdasarkan hasil uji coba pemakaian, diperoleh persentase rata-rata kesesuaian produk 77,68% dengan kriteria tinggi, kemudahan penggunaan produk sebesar 74,30% dengan kriteria tinggi dan kemanfaatan produk sebesar 79,20% dengan kriteria tinggi. Berdasarkan hasil uji coba pemakaian diperoleh rata-rata kesesuaian, kemudahan, dan kemanfaatan perangkat asesmen otentik tertulis yang berkriteria tinggi. Hal ini berarti guru merespon baik perangkat asesmen otentik tertulis yang dikembang¬kan. Kata kunci: asesmen otentik tertulis, pembelajaran IPA terpadu, dan scientific approach.
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | A General Works = Karya Karya Umum L Education > LC Special aspects of education |
Program Studi: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | 5458768 . Digilib |
Date Deposited: | 04 May 2015 04:00 |
Last Modified: | 04 May 2015 04:00 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9653 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |