NURAINI, 1110309029 (2015) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA BERBAGAI PEKERJAAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS IV SDN KEJADIAN KECAMATAN TEGINENENG KABUPATEN PESAWARAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (32Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (93Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (114Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (109Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (66Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (49Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (75Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (79Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (114Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (157Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (109Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (492Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (39Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (7Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA BERBAGAI PEKERJAAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS IV SDN KEJADIAN KECAMATAN TEGINENENG KABUPATEN PESAWARAN TAHUN AJARAN 2014/2015 Oleh NURAINI ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran bertema kelas IV SDN Kejadian Pesawaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran bertema berbagai pekerjaan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di kelas IV SDN Kejadian Pesawaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan pendekatan kualitatif. Prosedur penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus menggunakan langkah-langkah : 1. Perencanaan; 2. Pelaksanaan; 3. Observasi; dan 4. Refleksi. Subyek penelitian adalah guru, teman sejawat, dan siswa kelas IV sebanyak 18 orang yang terdiri dari 6 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan presentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar dari siklus ke siklus. Rata-rata aktivitas siswa siklus I pertemuan 1 sebesar 55,56 dan pada pertemuan 2 menjadi 63,33. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 sebesar 74,44 dan meningkat pada pertemuan 2 menjadi 86,67. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 sebesar 60,74 dan pada pertemuan 2 menjadi 65,15. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 sebesar 70,00 dan meningkat pada pertemuan 2 menjadi 75,00. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 sebesar 50,00% dan pada pertemuan 2 menjadi 66,67%. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 sebesar 77,78% dan meningkat pada pertemuan 2 menjadi 88,89%. Kata kunci : Pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD), Aktivitas belajar, Hasil belajar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LC Special aspects of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 1855902 . Digilib |
Date Deposited: | 04 May 2015 03:47 |
Terakhir diubah: | 04 May 2015 03:47 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9669 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |