PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA BERBAGAI PEKERJAAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS IV SDN KEJADIAN KECAMATAN TEGINENENG KABUPATEN PESAWARAN TAHUN AJARAN 2014/2015

NURAINI, 1110309029 (2015) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA BERBAGAI PEKERJAAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS IV SDN KEJADIAN KECAMATAN TEGINENENG KABUPATEN PESAWARAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (93Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (114Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (109Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (66Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (75Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (114Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (157Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (109Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7Kb) | Preview

Abstrak

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA BERBAGAI PEKERJAAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS IV SDN KEJADIAN KECAMATAN TEGINENENG KABUPATEN PESAWARAN TAHUN AJARAN 2014/2015 Oleh NURAINI ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran bertema kelas IV SDN Kejadian Pesawaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran bertema berbagai pekerjaan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di kelas IV SDN Kejadian Pesawaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan pendekatan kualitatif. Prosedur penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus menggunakan langkah-langkah : 1. Perencanaan; 2. Pelaksanaan; 3. Observasi; dan 4. Refleksi. Subyek penelitian adalah guru, teman sejawat, dan siswa kelas IV sebanyak 18 orang yang terdiri dari 6 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan presentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar dari siklus ke siklus. Rata-rata aktivitas siswa siklus I pertemuan 1 sebesar 55,56 dan pada pertemuan 2 menjadi 63,33. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 sebesar 74,44 dan meningkat pada pertemuan 2 menjadi 86,67. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 sebesar 60,74 dan pada pertemuan 2 menjadi 65,15. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 sebesar 70,00 dan meningkat pada pertemuan 2 menjadi 75,00. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 sebesar 50,00% dan pada pertemuan 2 menjadi 66,67%. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 sebesar 77,78% dan meningkat pada pertemuan 2 menjadi 88,89%. Kata kunci : Pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD), Aktivitas belajar, Hasil belajar.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
L Education > LC Special aspects of education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 1855902 . Digilib
Date Deposited: 04 May 2015 03:47
Last Modified: 04 May 2015 03:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9669

Actions (login required)

View Item View Item