, MERAWATI (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGUBAH TEKS WAWANCARA MENJADI KARANGAN NARASI MELALUI TEKNIK KERJA KELOMPOK PADA SISWA KELAS VII-A SMP TAMAN SISWA GEDONGTATAAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (36Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf - Published Version Download (207Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENYETUJUI.pdf - Published Version Download (230Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (57Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (125Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (198Kb) | Preview |
|
File PDF
Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (334Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (8Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (1674Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Rendahnya kemampuan mengubah teks wawancara menjadi karangan narasi siswa SMP Taman Siswa merupakan permasalahan dalam penelitian ini. Untuk mengatasi permasalahan ini, peneliti melakukan penelitian tindakan dengan cara menggunakan teknik kerja kelompok guna meningkatkan kemampuan mengubah teks wawancara menjadi karangan narasi. Untuk itu, tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan kemampuan mengubah teks wawancara menjadi karangan narasi melalui teknik kerja kelompok, khususnya siswa kelas VII-A SMP Taman Siswa Gedongtataan Kabupaten Pesawaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahapan sebagai berikut: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi . Subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas VII-A SMP Taman Siswa Gedongtataan tahun pelajaran 2012/ 2013 yang berjumlah 30 orang, terdiri atas 13 laki-laki dan 17 perempuan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan prasiklus siswa dalam mengubah teks wawancara menjadi karangan narasi di bawah KKM sekolah tersebut yaitu 65,00 dalam kategori kurang dengan rata-rata nilai sebesar 51,5 dari 30 siswa yang tuntas 2 siswa dengan persentase 6% dan yang belum tuntas 28 siswa dengan persentase 94%. Setelah dilakukan tindakan pembelajaran melalui teknik kerja kelompok, kemampuan mengubah teks wawancara menjadi karangan narasi pada siklus I dalam kategori cukup dengan rata-rata nilai sebesar 62,56 atau meningkat sebesar 11,83% sedangkan siswa yang tuntas 12 dari 30 siswa atau 40%. Selanjutnya, kemampuan mengubah teks wawancara menjadi karangan narasi pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 75,00 dengan kategori baik atau mengalami peningkatan sebesar 13% dengan ketuntasan klasikal 28 siswa atau sebesar 85%. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa melalui teknik kerja kelompok dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengubah teks wawancara menjadi karangan narasi pada siswa kelas VII-A SMP Taman Siswa sehingga mencapai tujuan yang telah ditetapkan, yaitu tercapai KKM sekolah untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia 65,00.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education > PK Indo-Iranian |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 10 Feb 2014 03:14 |
Terakhir diubah: | 10 Feb 2014 03:14 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/992 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |