PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGUBAH TEKS WAWANCARA MENJADI KARANGAN NARASI MELALUI TEKNIK KERJA KELOMPOK PADA SISWA KELAS VII-A SMP TAMAN SISWA GEDONGTATAAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

, MERAWATI (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGUBAH TEKS WAWANCARA MENJADI KARANGAN NARASI MELALUI TEKNIK KERJA KELOMPOK PADA SISWA KELAS VII-A SMP TAMAN SISWA GEDONGTATAAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENGESAHKAN.pdf - Published Version

Download (207Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENYETUJUI.pdf - Published Version

Download (230Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (57Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (125Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (198Kb) | Preview
[img] Text
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (334Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (1674Kb)

Abstrak

Rendahnya kemampuan mengubah teks wawancara menjadi karangan narasi siswa SMP Taman Siswa merupakan permasalahan dalam penelitian ini. Untuk mengatasi permasalahan ini, peneliti melakukan penelitian tindakan dengan cara menggunakan teknik kerja kelompok guna meningkatkan kemampuan mengubah teks wawancara menjadi karangan narasi. Untuk itu, tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan kemampuan mengubah teks wawancara menjadi karangan narasi melalui teknik kerja kelompok, khususnya siswa kelas VII-A SMP Taman Siswa Gedongtataan Kabupaten Pesawaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahapan sebagai berikut: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi . Subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas VII-A SMP Taman Siswa Gedongtataan tahun pelajaran 2012/ 2013 yang berjumlah 30 orang, terdiri atas 13 laki-laki dan 17 perempuan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan prasiklus siswa dalam mengubah teks wawancara menjadi karangan narasi di bawah KKM sekolah tersebut yaitu 65,00 dalam kategori kurang dengan rata-rata nilai sebesar 51,5 dari 30 siswa yang tuntas 2 siswa dengan persentase 6% dan yang belum tuntas 28 siswa dengan persentase 94%. Setelah dilakukan tindakan pembelajaran melalui teknik kerja kelompok, kemampuan mengubah teks wawancara menjadi karangan narasi pada siklus I dalam kategori cukup dengan rata-rata nilai sebesar 62,56 atau meningkat sebesar 11,83% sedangkan siswa yang tuntas 12 dari 30 siswa atau 40%. Selanjutnya, kemampuan mengubah teks wawancara menjadi karangan narasi pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 75,00 dengan kategori baik atau mengalami peningkatan sebesar 13% dengan ketuntasan klasikal 28 siswa atau sebesar 85%. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa melalui teknik kerja kelompok dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengubah teks wawancara menjadi karangan narasi pada siswa kelas VII-A SMP Taman Siswa sehingga mencapai tujuan yang telah ditetapkan, yaitu tercapai KKM sekolah untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia 65,00.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 10 Feb 2014 03:14
Last Modified: 10 Feb 2014 03:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/992

Actions (login required)

View Item View Item