Bachtiar, Wira Widyas Tuty (2013) ASPEK MORAL TOKOH UTAMA DALAM NOVEL ALIF KARYA TAUFIQURRAHMAN AL-AZIZY DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SMA. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (214Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (65Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (230Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (316Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (247Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (57Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (66Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (148Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (23Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (299Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (52Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (52Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (733Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah aspek moral tokoh utama dalam novel Alif karya Taufiqurrahman Al-Azizy. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek moral tokoh utama dalam novel Alif karya Taufiqurrahman Al-Azizy dan kelayakannya sebagai bahan ajar sastra di SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Alif karya Taufiqurrahman Al-Azizy. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan dan analisis data yang digunakan adalah analisis teks. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aspek moral tokoh utama Wisnu dalam novel Alif karya Taufiqurrahman Al-Azizy. Azizy meliputi kejujuran, nilai-nilai otentik, kesediaan untuk bertanggung jawab, kemandirian moral, keberanian moral, kerendahan hati, realistik dan kritis. Ketujuh aspek moral tersebut dialami tokoh Wisnu mulai dari masalah kehidupan pribadinya yang tidak dapat meneruskan kuliah karena ayah dan ibunya meninggal dunia, sampai perjalanan Wisnu yang mencari adiknya Zahra yang menghilang. Dari ketujuh aspek moral yang dimiliki oleh Wisnu, yang paling mendominasi adalah aspek kejujuran. Novel Alif karya Taufiqurrahman Al-Azizy layak dijadikan sebagai alternatif bahan ajar siswa di sekolah menengah atas (SMA). Hal ini karena novel Alif karya Taufiqurrahman Al-Azizy memenuhi dua kriteria aspek kelayakan yaitu; pertama, aspek kurikulum yang relevan dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SK/KD) khususnya pemahaman unsur intrinsik dan ekstrinsik novel; kedua, aspek kesastraan yaitu novel Alif karya Taufiqurrahman Al-Azizy relevan dengan aspek moral (1) kejujuran, (2) nilai-nilai otentik, (3) kesediaan untuk bertanggung jawab, (4) kemandirian moral, (5) keberanian moral, (6) kerendahan hati, (7) realistik dan kritis. Wira Widyas Tuty
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education > PK Indo-Iranian |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 10 Feb 2014 03:17 |
Terakhir diubah: | 10 Feb 2014 03:17 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/994 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |