Ginanjar Saputro, 0813033029 (2015) PENGARUH METODE INQUIRY TERHADAP PENINGKATAN MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMAN 1 METRO TAHUN AJARAN 2014/2015. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (24Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENYETUJUI.pdf Download (148Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf Download (119Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (119Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (43Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (25Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (33Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (141Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (219Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (15Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Salah satu keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran dapat dilihat dari minat belajar siswa itu sendiri selama kurun waktu tertentu. Minat belajar merupakan salah satu parameter yang dapat dilihat untuk mengetahui apakah ada perubahan kearah yang lebih baik selama proses pembelajaran yang telah dilakukan. Minat belajar di SMA Negeri 1 Kota Metro masih rendah khususnya dalam mata pelajaran sejarah. Hal ini diduga karena metode belajar yang diterapkan oleh guru masih menggunakan metode konvensional. Siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran dan hanya terdapat beberapa siswa saja yang aktif mengikuti pembelajaran sejarah. Hal ini dapat diyakini bisa diatasi dengan penerapan metode inquiry. Metode Inquiry menekankan keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran untuk menemukan sendiri konsep-konsep dan prinsip-prinsip dalam pelajaran sejarah sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh metode inquiry terhadap peningkatan minat belajar sejarah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Metro Tahun Pelajaran 2014/2015. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode inquiry terhadap peningkatan minat belajar sejarah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Metro Tahun Pelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Metro. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPS1. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode inquiry terhadap peningkatan minat belajar sejarah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Metro Tahun Pelajaran 2014/2015. Hasil ini diketahui berdasarkan meningkatnya ratarata minat belajar siswa dari 27,45 menjadi 33,09 setelah diterapkannya eksperimen menggunakan metode inquiry. Kata kunci : Metode Inquiry, minat belajar sejarah siswa
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS |
Pengguna Deposit: | 8006648 . Digilib |
Date Deposited: | 21 May 2015 04:26 |
Terakhir diubah: | 21 May 2015 04:26 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9980 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |