Imma Shofiana Tsani, 1113053055 (2015) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS IV SD NEGERI 7 METRO BARAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (147Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (172Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (156Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (608Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (104Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (193Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (155Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (93Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GRAFIK.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (177Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II .pdf Download (237Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (451Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (693Kb) |
||
|
File PDF
BAB V .pdf Download (164Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (16Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 7 Metro Barat pada pembelajaran IPS yakni 10 siswa (37,03%) dari 27 siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan belajar berdasarkan KKM yang telah ditentukan yaitu ≥66. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui pendekatan kontekstual. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi dan soal tes. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual pada pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 7 Metro Barat dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata aktivitas siswa siklus I sebesar 69,77 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar (66,66%) kategori aktif dan siklus II yaitu 80,88 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar (85,18%) kategori sangat aktif, peningkatan aktivitas dari siklus I ke siklus II sebesar (11,11%). Hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata yaitu 69,40 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar (66,66%) kriteria tinggi dan siklus II yaitu 80,92 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar (85,18%) dengan kriteria sangat tinggi, peningkatan persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar (18,52%). Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, pendekatan kontekstual.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 9544008 . Digilib |
Date Deposited: | 01 Jun 2015 08:14 |
Terakhir diubah: | 01 Jun 2015 08:14 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10095 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |