Desmaria Kristin S., 1113022011 (2015) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG. (Tidak diterbitkan)
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (111Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (109Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (207Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (210Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (95Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (79Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (61Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (24Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (93Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (327Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (258Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (258Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (143Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (127Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan penelitian pendahuluan yang telah dilakukan di SMA Negeri 1 Natar, siswa sudah memiliki media pembelajaran mandiri berupa modul. Namun, modul yang dimiliki hanya memuat materi dan soal-soal latihan yang berbasis KTSP dan belum berbasis inkuiri terbimbing. Untuk menindaklanjuti permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian pengembangan dengan tujuan, yaitu menghasilkan produk berupa modul pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing pada materi Elastisitas dan hukum Hooke dan mendeskripsikan kemenarikan, kemudahan, kemanfaatan, dan keefektifan menggunakan modul pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing pada materi Elastisitas dan hukum Hooke. Penelitian pengembangan ini mengacu pada metode penelitian pengembangan menurut Sugiono. Tahap-tahap metode penelitian pengembangan yang dilakukan, yaitu: potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi. Hasil uji coba produk menyatakan bahwa modul yang dikembangkan menarik, mudah digunakan, dan bermanfaat untuk memahami materi fisika. Pada tahap uji coba pemakaian, dilakukan uji kemenarikan, kemudahan, kemanfaatan, dan keefektifan produk. Hasil uji kemenarikan, kemudahan, dan kemanfaatan menunjukkan bahwa modul memiliki tingkat kemenarikan sangat baik dengan skor 3,32, tingkat kemudahan sangat baik dengan skor 3,43, dan tingkat kemanfaatan sangat baik dengan skor 3,42. Hasil uji keefektifan produk memperoleh rata-rata gain sebesar 0,69. Skor tersebut telah mencapai rata-rata skor 0,3 < g 0,7 yang termasuk dalam klasifikasi Gain Ternormalisasi sedang. Jadi, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing pada materi Elastisitas dan hukum Hooke dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang menarik, mudah digunakan, bermanfaat, dan efektif. Kata kunci: inkuiri terbimbing, modul, dan pengembangan
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QC Physics |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 9801160 . Digilib |
Date Deposited: | 04 Jun 2015 02:00 |
Terakhir diubah: | 04 Jun 2015 02:00 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10124 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |