Paino, Widyantoro (2013) IMPLIKATUR PERCAKAPAN DALAM PROSES BELAJAR-MENGAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X SMA N 9 BANDARLAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013 DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (37Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (45Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (223Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (327Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (253Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (39Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (26Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (150Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (54Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (204Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (39Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (11Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (1376Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah implikatur percakapan dalam proses belajar-mengajar Bahasa Indonesia siswa kelas X SMA N 9 Bandarlampung tahun pelajaran 2012/2013 dan implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implikatur percakapan dalam proses belajar-mengajar Bahasa Indonesia dengan menganalisis berbagai interseksi jenis tuturan dan implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Desain penelitian yang digunakan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah percakapan antara guru dan siswa dalam kegiatan belajar-mengajar Bahasa Indonesia. Data penelitian ini berupa tuturan yang mengandung implikatur. Widyantoro Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implikatur percakapan terjadi pada setiap tahapan pembelajaran, baik awal, inti, maupun akhir pembelajaran. Akan tetapi implikatur percakapan lebih cenderung terjadi pada tahap inti pembelajaran, yaitu di luar percakapan guru pada saat menjelaskan materi pembelajaran. Dengan tujuan agar materi pelajaran yang disampaikan dapat dipahami siswanya dengan jelas. Selain itu penggunaan implikatur bermanfaat untuk menjaga hubungan baik antara penutur dengan mitra tuturnya sehingga komunikasi tetap berjalan dengan baik dan lancar. Implikatur yang dituturkan oleh guru dan siswa dalam kegiatan belajar-mengajar Bahasa Indonesia dilakukan melalui tindak tutur langsung tidak literal, tindak tutur tidak langsung literal, dan tindak tutur tidak langsung tidak literal dengan menggunakan modus menyatakan fakta, bertanya, menyarankan, ancaman, menyapa, menyatakan keluhan, dan “ngelulu”. Kajian implikatur percakapan berimplikasi terhadap materi pembelajaran dalam aspek keterampilan berbicara kelas XII Semerter genap, yaitu dalam standar kompetensi mengungkapkan gagasan, tanggapan, dan informasi dalam diskusi dengan kompetensi dasarnya menyampaikan gagasan dan tanggapan dengan alasan yang logis dalam diskusi.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education > PK Indo-Iranian |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 10 Feb 2014 06:56 |
Terakhir diubah: | 10 Feb 2014 06:56 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1024 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |