Delfi Afdila, 1113023006 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SiMaYang TIPE II BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI DALAM MENINGKATKAN EFIKASI DIRI DAN PENGUASAAN KONSEP LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENYETUJUI.pdf Download (114Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf Download (96Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (122Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (37Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (92Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (206Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (124Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (19Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepraktisan dan keefektivan model pembelajaran SiMaYang Tipe II berbasis multipel representasi pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 3 Bandar Lampung yang terdiri dari 6 kelas pada semester genap tahun 2014-2015. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel kelas X MIA 1, X MIA 2, dan X MIA 6. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan One Group Pretest-Posttest Design. Kepraktisan model pembelajaran SiMaYang Tipe II berbasis multipel representasi diukur berdasarkan keterlaksanaan RPP, respon siswa, penilaian kemampuan guru, dan aktivitas siswa. Keefektivan model pembelajaran SiMaYang Tipe II berbasis multipel representasi diukur berdasarkan peningkatan efikasi diri dan penguasaan konsep larutan elektrolit dan non-elektrolit. Peningkatan efikasi diri sebelum dan sesudah pembelajaran diukur dengan menggunakan Delfi Afdila angket. Rata-rata efikasi diri ketiga kelas sebelum pembelajaran berkategori tinggi dan mengalami peningkatan sesudah pembelajaran menjadi berkategori sangat tinggi bagi ketiga kelas. Peningkatan penguasaan konsep larutan elektrolit dan non-elektrolit diukur dengan rata-rata nilai n-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepraktisan model pembelajaran SiMaYang Tipe II berbasis multipel representasi yang diukur berdasarkan keterlaksanaan RPP, penilaian kemampuan guru, dan aktivitas siswa bagi ketiga kelas berkategori sangat tinggi, sementara respon siswa berkategori tinggi dan sangat tinggi. Keefektivan model pembelajaran tersebut yang diukur berdasarkan peningkatan efikasi diri bagi ketiga kelas berkategori sangat tinggi dan n-Gain X MIA 1 dan X MIA 6 berkategori tinggi, sementara n-Gain X MIA 2 berkategori sedang. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SiMaYang Tipe II berbasis multipel representasi praktis dan efektif dalam meningkatkan efikasi diri dan penguasaan konsep larutan elektrolit dan non-elektrolit. Kata kunci: keefektivan, kepraktisan, larutan elektrolit dan non-elektrolit, SiMaYang Tipe II
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QD Chemistry |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 6848357 . Digilib |
Date Deposited: | 19 Jun 2015 03:23 |
Terakhir diubah: | 19 Jun 2015 03:23 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10317 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |