Rustam Efendi (Alm) , RETNA AYU UTARI (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP OLEH SISWA PADA MATERI POKOK KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Punduh Pedada Semester Genap Tahun Pelajaran 2012-2013). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (78Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (58Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HAL PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (183Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HAL PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (120Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (63Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (44Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (94Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (103Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (275Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (559Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (52Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (3893Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Hasil observasi dan diskusi dengan guru Biologi kelas VII di SMP Negeri 1 Punduh Pedada, diketahui bahwa selama ini guru kurang memperhatikan interaksi atau umpan balik dari siswa dalam proses pembelajaran yang berdampak pada rendahnya aktivitas belajar siswa yang dapat berpengaruh pada penguasaan konsep siswa. Oleh karena itu, perlu adanya upaya untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan penguasaan konsep oleh siswa. Salah satu alternatif yang dilakukan yaitu penggunaan model pembelajaran examples non examples. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran examples non examplesaktivitas belajar dan penguasaan konsep oleh siswa. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest group design. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIA sampling. Data kualitatif diperoleh dari hasil observasi terhadap aktivitas belajar siswa yang dianalisis dengan klasifikasi indeks aktivitas dan angket tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran. Data kuantitatif diperoleh dari nilai pretes dan postes yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji U melalui program SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran examples non examplesmeningkatkan aktivitas belajar siswadenganpersentase rata-ratasebesar 85,41%. Penguasaan konsep juga mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai pretes (47,34±9,83); postes (53,90±11,48); dan N-gain (12,45± 20,97). Hasil analisis rata-rata N-gain setiap indikator penguasaan konsep pada C1 rata-ratanya sebesar 22,57± 28,37dan C2 sebesar 3,65±38,42. Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model pembelajaran examples non example. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model pembelajaran examples non examplesdapatmeningkatkan aktivitasbelajardanpenguasaankonsepolehsiswa. Kata kunci: Model pembelajaran examples non examples, aktivitas belajar siswa, penguasaan konsep siswa, klasifikasi makhluk hidup.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 10 Feb 2014 08:47 |
Terakhir diubah: | 10 Feb 2014 08:47 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1034 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |