Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berargumentasi dan Hasil Belajar Siswa (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 20 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015 pada Materi Pokok Peran Manusia dalam Pengelolaan Lingkungan untuk Mengatasi Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan)

Helen Meta Afisha, 1113024024 (2015) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berargumentasi dan Hasil Belajar Siswa (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 20 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015 pada Materi Pokok Peran Manusia dalam Pengelolaan Lingkungan untuk Mengatasi Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (104Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (122Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (113Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (117Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (34Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (443Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (820Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (28Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berargumentasi dan Hasil Belajar Siswa (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 20 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015 pada Materi Pokok Peran Manusia dalam Pengelolaan Lingkungan untuk Mengatasi Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan) Oleh Helen Meta Afisha Hasil observasi oleh guru di kelas VII SMP N 20 Bandar Lampung, diketahui bahwa siswa belum diajarkan untuk menulis argumen dan hasil belajar siswa masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan alternatif untuk meningkatkan kemampuan berargumentasi dan hasil belajar siswa, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran PBL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berargumentasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretest postest nonequivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIID dan kelas VIIH yang dipilih dari populasi secara purpose sampling. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa kemampuan berargumentasi siswa dan tanggapan siswa terhadap model pembelajaran PBL yang dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif berupa data hasil belajar siswa yang diperoleh dari nilai pretest, postest, dan N-gain dan dianalisis secara statistik menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL mampu meningkatkan kemampuan berargumentasi siswa di kelas eksperimen dengan rata-rata kemampuan berargumentasi siswa 52% dengan kriteria “cukup” lebih besar dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata kemampuan berargumentasi siswa 27% berkriteria “kurang”. Pada indikator claim pertemuan pertama berkriteria “baik” dan pertemuan kedua berkriteria “sangat baik”, indikator data dan warrant pertemuan pertama dan pertemuan kedua berkriteria “cukup”, indikator backing dan rebuttal pada pertemuan pertama dan kedua berkriteria “kurang” . Disamping itu semua siswa memberikan tanggapan positif terhadap model pembelajaran PBL. Meningkatnya kemampuan berargumentasi diikuti dengan meningkatnya hasil belajar IPA dengan rata-rata N-gain sebesar 67. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran PBL berpengaruh terhadap kemampuan berargumentasi dan hasil belajar siswa. Namun model pembelajaran PBL masih kurang optimal untuk meningkatkan indikator backing dan rebuttal. Kata kunci : hasil belajar, kemampuan berargumentasi, problem based learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
> LC Special aspects of education
> Q Science (General)
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 8648281 . Digilib
Date Deposited: 02 Jul 2015 08:16
Terakhir diubah: 02 Jul 2015 08:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10787

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir