PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Bandar Lampung TP. 2014/2015 Materi Pokok Interaksi Antar Makhluk Hidup dan Lingkungan)

Welly Mentari, 1113024070 (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Bandar Lampung TP. 2014/2015 Materi Pokok Interaksi Antar Makhluk Hidup dan Lingkungan). Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (52Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER LUAR.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (119Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (122Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (94Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (165Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (41Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (75Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (63Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (211Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (222Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (77Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi pokok Interaksi Antar Makhluk Hidup dan Lingkungan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 13 Bandar Lampung dengan populasi seluruh siswa kelas VIIA sampai VIIJ. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIC sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Desain dari penelitian ini berupa control group pretest-postest. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model pembelajaran discovery learning yang diperoleh melalui angket persepsi siswa dan nilai kemampuan berpikir kritis siswa yang diperoleh melalui lembar kerja siswa (LKS) yang dianalisis secara deskriptif. Kemudian, data kuantitatif diperoleh dari nilai pretest dan postest yang dianalisis secara statistik menggunakan uji t dengan program SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa pada setiap sub indikator yang diamati mengalami peningkatan. Pada sub indikator melakukan induksi sebesar 79%, melakukan deduksi sebesar 80%, melakukan evaluasi sebesar 85%, dan memberikan argumen sebesar 80%. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai pretest sebesar 31,78 dan nilai postest sebesar 76,12. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi pokok Interaksi Antar Makhluk Hidup dan Lingkungan. Kata kunci : discovery learning, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar, interaksi antar makhluk hidup, lingkungan

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 9033228 . Digilib
Date Deposited: 15 Jul 2015 02:37
Terakhir diubah: 15 Jul 2015 02:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11215

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir