PENGGUNAAN PERMAINAN BAHASA (KATARSIS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV A SD NEGERI 4 METRO PUSAT

0713053035, LIA DEVIANA (2012) PENGGUNAAN PERMAINAN BAHASA (KATARSIS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV A SD NEGERI 4 METRO PUSAT. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I SKRIPSI.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II SKRIPSI.pdf

Download (54Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III SKRIPSI.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB V SKRIPSI.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV SKRIPSI.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (318Kb)
[img]
Preview
File PDF
COVER+ABSTRAK bimbingan LIA.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA skripsi.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN LIA.pdf

Download (46Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV A SD Negeri 4 Metro Pusat. Salah satu alternatif pembelajaran bermakna yang bermuara pada pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangan adalah dengan permainan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV A SD Negeri 4 Metro Pusat dalam pembelajaran bahasa Indonesia melalui model pembelajaran Permainan Bahasa (Katarsis). Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang difokuskan pada situasi kelas. Kegiatan ini dilaksanakan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar. Analisis data dalam penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa melalui model pembelajaran Permainan Bahasa (Katarsis) dapat meningkatkan aktivitas dan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV A SD Negeri 4 Metro Pusat. Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran terlihat semakin meningkat, pada siklus I sebesar 65,36%, siklus II sebesar 74,22%, dan pada siklus III sebesar 83,45%. Terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 8,86%, sedangkan pada siklus II ke siklus III terjadi peningkatan sebesar 9,23%. Begitu pula dengan keterampilan membaca pemahaman siswa meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus I sebesar 61,54%, siklus II sebesar 73,08%, dan pada siklus III sebesar 88,46%. Terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 11,54%, sedangkan pada siklus II ke siklus III terjadi peningkatan sebesar 15,38%. Berdasarkan hasil temuan pengembangan proses pembelajaran, peneliti merekomendasikan agar guru kelas IV Sekolah Dasar dapat menggunakan model pembelajaran Permainan Bahasa (Katarsis) dalam pembelajaran bahasa Indonesia agar aktivitas dan keterampilan membaca pemahaman siswa dapat meningkat.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 07 Sep 2015 04:02
Terakhir diubah: 07 Sep 2015 04:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12291

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir