PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PERNAPASAN MANUSIA

0513024021, DESMALINA SAGITA BARUSMAN (2011) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PERNAPASAN MANUSIA. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1_HALAMAN JUDUL.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2_ABSTRAK.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3_HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6_PERNYATAAN.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7_RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8_MOTTO.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9_PERSEMBAHAN.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10_SANWACANA.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11_DAFTAR ISI.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 1 new.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 2.pdf

Download (45Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 3.pdf

Download (57Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB 4 new.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (137Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB 5.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA new.pdf

Download (12Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 13 Bandarlampung adalah masih mendominasinya guru di kelas. Hal ini mengakibatkan penguasaan konsep siswa masih rendah. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam penelitian ini diketahui dapat mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran sehingga penguasaan konsep siswa dapat meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh secara signifikan terhadap penguasaan konsep siswa pada materi pokok sistem pernapasan manusia dan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. 87 Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C dan VIII secara acak dengan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan E yang dipilih dalam penelitian ini adalah desain pretest-postest nonequivalen group. Data yang dihasilkan dalam penelitan ini berupa data kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh dari tes dan lembar observasi siswa. Analisis data menggunakan uji-t dan uji-U pada taraf kepercayaan 95% dengan menggunakan program SPSS-17. 64 Hasil penelitian menunjukkan rata-rata N-gain pada kelas eksperimen yaitu 50,74 lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 32,05. Dari uji-t H 0 1 pada N-gain diketahui ditolak, artinya rata-rata N-gain berbeda secara signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil uji-t 2 juga menunjukkan bahwa H ditolak yang artinya rata-rata N-gain pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, sehingga dapat dinyatakan penguasaan konsep siswa pada materi pokok sistem pernapasan manusia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi. Dalam penelitian ini juga diketahui bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. 96

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 07 Sep 2015 04:41
Terakhir diubah: 07 Sep 2015 04:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12480

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir