Abdul, NURIS MUKHTON (2013) EFEKTIVITAS ANIMASI MULTIMEDIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM PEREDARAN DARAH OLEH SISWA (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPA Semester Ganjil SMA Negeri 1 Sumberejo Tahun Pelajaran 2012/2013). Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (32Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENYETUJUI.pdf - Published Version Download (2709Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (1792Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (179Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (334Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (404Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (330Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (97Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (79Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (6Mb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas penggunaan animasi multimedia melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap peningkatan aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa. Penelitian ini merupakan studi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest non equivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA-1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA-3 sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data penelitian berupa data kualitatif yang diperoleh melalui lembar observasi aktivitas siswa kemudian dianalisis secara deskriptif serta data kuantitatif yang diperoleh melalui nilai pretes dan postes kemudian dianalisis secara statistik menggunakan uji U pada taraf kepercayaan 95%. Nuris Mukhton ii Hasil penelitian dan uji U N-gain indikator penguasaan materi menunjukkan bahwa terjadi peningkatan penguasaan materi oleh siswa yang pembelajarannya menggunakan animasi multimedia melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dari rata-rata pretes 23,04 menjadi 85,00 pada rata-rata postes dengan N-gain 80,30. Peningkatan penguasaan materi oleh siswa juga dipengaruhi oleh peningkatan aktivitas belajar siswa dari rata-rata aktivitas belajar 57,99% pada pertemuan pertama menjadi 76,87% pada pertemuan kedua dengan persentase peningkatan 18,88%. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan animasi multimedia melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif terhadap peningkatan aktivitas belajar dan penguasaan materi pokok sistem peredaran darah oleh siswa. Kata kunci: Animasi multimedia, STAD, aktivitas belajar, penguasaan materi, sistem peredaran darah
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > Q Science (General) > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 07 Jan 2014 07:47 |
Terakhir diubah: | 07 Jan 2014 07:47 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/129 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |