Muhammad Samsul Huda, 1113024048 (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP SELF-EFFICACY DAN HASIL BELAJAR SISWA (Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 2 Seputih Mataram Tahun Pelajaran 2014/2015 Materi Pokok Peranan Manusia Dalam Pengelolaan Lingkungan). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (456Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (395Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (339Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PEREMBAHAN.pdf Download (52Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (36Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (57Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (175Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (142Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (19Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Instruction terhadap self-efficacy dan hasil belajar pada materi pokok peranan manusia dalam pengelolaan lingkungan di SMP Negeri 2 Seputih Mataram. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa adalah kelas VII C dan VII D SMP Negeri 2 Seputih Mataram yang ditentukan secara acak dengan teknik sampling yakni purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil belajar siswa yang diperoleh dari nilai rata-rata pretest, postest dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji anova satu arah (One-Way Anova) dengan program SPSS versi 17. Data kualitatif dalam penelitian ini iii berupa data Self-efficacy dan data tanggapan siswa terhadap penggunaan Problem Based Instruction pada materi pokok pengelolaan lingkungan yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Self-efficacy siswa pada kelas eksperimen 65,63% lebih tinggi dari pada kelas kontrol yang memiliki Self-efficacy 64,26% pada aspek pencapaian kerja, pengalaman orang lain, persuasi verbal dan indeks psikologi.. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai pretest sebesar 37,259, nilai postest sebesar 73,04 dan N-gain 57,21. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran Problem Bsed Instruction dapat meningkatkan Self-efficacy dan hasil belajar siswa pada materi pokok Peranan manusia dalam pengelolaan lingkungan. Kata kunci : Problem Based Instruction; Self-efficacy; hasil belajar dan Peranan Manusia dalam Pengelolaan Lingkungan.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 8609006 . Digilib |
Date Deposited: | 30 Sep 2015 04:44 |
Terakhir diubah: | 30 Sep 2015 04:44 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12964 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |