Petrus, FRANSISKA VITRIA KRISTANTI (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Kalirejo Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2012/2013 Pada Materi Pokok Pengelolaan Lingkungan). Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
Cover Dalam.pdf - Published Version Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Abstrak.pdf - Published Version Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Hal. Persetujuan.pdf - Published Version Download (154Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pernyataan.pdf - Published Version Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Isi.pdf - Published Version Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab 1.pdf - Published Version Download (214Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab 2.pdf - Published Version Download (127Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab 3.pdf - Published Version Download (242Kb) | Preview |
|
File PDF
Bab 4.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (561Kb) |
||
|
File PDF
Bab 5.pdf - Published Version Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (13Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (3508Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TPS dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain pretes postes kelompok ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII G dan VII H yang dipilih dari populasi secara random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil belajar yang diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS 17. Data kualitatif berupa deskripsi aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari lembar observasi aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan pada aktivitas belajar siswa yang rata-rata berkriteria tinggi. Pada aspek bertanya bernilai sebesar 85,0 %, aspek menjawab pertanyaan sebesar 95,0 %, dan aspek mengemukakan ide/pendapat sebesar 88,3 %. Hasil belajar juga mengalami peningkatan, dengan Fransiska Vitria Kristanti iii rata-rata nilai pretes sebesar 46,50, nilai postes sebesar 77,0 dan N-gain sebesar 57,27. Selain itu peningkatan hasil belajar juga terjadi pada indikator aspek kognitif yaitu C1, C2, C3 dan C4. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model TPS dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar oleh siswa. Kata kunci : aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa, pengelolaan lingkunga, TPS
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > Q Science (General) > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 07 Jan 2014 07:46 |
Terakhir diubah: | 07 Jan 2014 07:46 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/133 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |