0813056705, Juniwati (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PERKALIAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BILANGAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III SDN 01 KEMBANG TANJUNG LAMPUNG UTARA. Digital Library.
|
File PDF
ABSTRAK JUNIWATI.pdf Download (211Kb) | Preview |
|
File PDF
bab 4 JUNI.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (349Kb) |
||
|
File PDF
BAB I.pdf Download (116Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (128Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (155Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB V.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GRAFIK.pdf Download (57Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (74Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar pustaka.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
|
File PDF
KATA PENGANTAR.pdf Download (63Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Berdasarkan pengalaman dan pengamatan terhadap mata pelajaran matematika pada semester 1 khususnya di kelas III SDN 01 Kembang Tanjung Kotabumi Lampung Utara diperoleh gambaran bahwa selama ini guru kurang optimal dalam penggunaan media pembelajaran. Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan kemampuan operasi hitung perkalian dengan menggunakan media kartu bilangan pada pembelajaran tematik. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang difokuskan pada situasi kelas. Kegiatan ini dilaksanakan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar. Analisis data dalam penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa melalui penggunaan media kartu bilangan dapat meningkatkan aktivitas siswa, kinerja guru, dan nilai kemampuan operasi hitung perkalian siswa kelas III SD Negeri 01 Kembang Tanjung. Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran terlihat semakin meningkat, pada siklus I sebesar 68,25% dengan kategori “ Cukup” dan pada siklus II sebesar 79,50% dengan kategori “Baik” . Terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 21,25%. Kinerja guru dalam proses pembelajaran terlihat semakin meningkat, pada siklus I sebesar 72,07% dengan kategori “Baik” dan pada siklus II sebesar 82,76% dengan kategori “Baik. Terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 10,69%. Begitu pula dengan nilai kemampuan operasi hitung perkalian siswa meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus I siswa yang tuntas belajar sebesar 48% dan pada siklus II sebesar 88%. Terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II siswa yang tuntas belajar sebesar 40%. Berdasarkan hasil temuan di atas disarankan kepada guru dapat menggunakan media kartu bilangan pada pembelajaran tematik sebagai salah satu alternatif media pembelajaran di sekolah. Kata kunci: kemampuan operasi hitung, media kartu bilangan.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Teti Novianti |
Date Deposited: | 22 Oct 2015 09:43 |
Terakhir diubah: | 22 Oct 2015 09:43 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13431 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |