DESKRIPSI LATAR DALAM NOVEL LASKAR PELANGI DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR SASTRA DI SMA

0513041006, Imaniar Daud (2012) DESKRIPSI LATAR DALAM NOVEL LASKAR PELANGI DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR SASTRA DI SMA. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (115Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (171Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (76Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (104Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB IV.pdf

Download (277Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER dalam&luar.pdf

Download (62Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN IMANIAR.pdf

Download (72Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTTO.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (66Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP DAN LAIN2.pdf

Download (93Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Surat Pernyataan baru.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (88Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Latar atau setting merupakan salah satu unsur penting dalam membangun suatu cerita. Pembaca akan merasa seolah ada dalam suatu cerita apabila kemasan latar cerita dideskripsikan oleh pengarang secara terpadu. Mengingat latar dalam cerita itu penting, maka tujuan penelitian adalah untuk memerikan deskripsi latar dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata dan menganalisis kelayakannya sebagai alternatif bahan ajar sastra di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Wacana deskripsi terbagi dalam tiga pendekatan, yakni pendekatan realistis, pendekatan impresionistis, dan pendekatan menurut sikap penulis. Sumber data penelitian ini adalah novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Novel ini merupakan edisi terbaru cetakan kedua yang diterbitkan di Jakarta oleh PT Bentang Pustaka pada bulan September 2011, dengan tebal 548 halaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa deskripsi latar dengan pendekatan realistis menggunakan diksi berdasarkan kategori penggunaan kata umum dan kata khusus; penggunaan personifikasi, dan penggunaan simile. Deskripsi latar dengan pendekatan impresionistis menggunakan diksi berdasarkan kategori pemahaman denotasi dan konotasi, penggunaan kata umum dan kata khusus, penggunaan kata kajian dan kata popular, penggunaan personifikasi, dan penggunaan simile. Deskripsi latar dengan pendekatan menurut sikap penulis menggunakan diksi berdasarkan kategori pemahaman denotasi dan konotasi. Secara keseluruhan, penulis cenderung menggunakan diksi berupa simile yang khas, unik, dan orisinil. Pada novel ini juga terdapat kandungan moral yang terlihat pada sifat rendah hati Lintang, juga mampu memberikan hiburan bagi pembaca dengan deskripsi Pangkalan Punai yang indah, serta menambah wawasan pada pembaca tentang kemampuan mengungkapkan ide secara tepat melalui penggunaan simile dalam sebuah paragraf deskripsi. Imaniar Daud Berdasarkan temuan-temuan tersebut, Novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata ini layak dijadikan alternatif bahan ajar dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA karena relevan dengan perangkat pembelajaran pada kurikulum KTSP, yaitu program pengajaran kelas X semester 1 pada standar kompetensi mengungkapkan informasi dalam berbagai bentuk paragraf (naratif, deskriptif, ekspositif). Salah satu kompetensi dasar dari standar kompetensi di atas adalah menulis hasil observasi dalam bentuk paragraf deskriptif yang kegiatan pembelajarannya di antara lain membaca paragraf deksripsi dan mengidentifikasi paragraf deskriptif, dalam hal ini paragraf deskripsi dalam novel Laskar Pelangi. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa Laskar Pelangi memiliki kelayakan menjadi bahan ajar sastra di SMA karena sesuai dengan aspek-aspek kriteria pemilihan bahan pembelajaran sastra menurut Hardjana.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 22 Oct 2015 09:45
Terakhir diubah: 22 Oct 2015 09:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13461

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir