HUBUNGAN PEMAHAMAN KONSEP NASIONALISME DENGAN SIKAP BELA NEGARA MAHASISWA PKn FKIP UNILA TAHUN 2010

, DOLLA MARTHALOVA (2011) HUBUNGAN PEMAHAMAN KONSEP NASIONALISME DENGAN SIKAP BELA NEGARA MAHASISWA PKn FKIP UNILA TAHUN 2010. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
Cover.pdf - Published Version

Download (184Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Abstrak.pdf - Published Version

Download (160Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Nasionalisme adalah suatu paham atau ajaran untuk mencintai bangsa dan negara atas kesadaran keanggotaan/warga negara yang secara potensial bersama-sama mencapai, mempertahankan, dan mengabdikan identitas, integritas, kemakmuran, dan kekuatan bangsanya. Bela negara adalah sikap, tindakan, dan perilaku warga negara yang dilandasi dan dijiwai oleh kecintaan pada tanah air yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan hubungan pemahaman konsep nasionalisme dengan sikap bela negara mahasiswa PKn FKIP UNILA Tahun 2010. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional dengan subjek penelitian mahasiswa PKn angkatan 2007-2010, untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan teknik angket. Berdasarkan data dan pembahasan hasil penelitian, menunjukkan adanya hubungan antara pemahaman konsep nasionalisme dengan sikap bela negara mahasiswa PKn tahun 2010. Ini dibuktikan dengan perhitungan menggunakan rumus Chi Kuadrat, maka diperoleh X2 = 42,36 dengan C = 0,57 dan koefisien kontigen Cmaks = 0,81 dengan derajat kebebasan = 4, termasuk dalam kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara pemahaman konsep nasionalisme dengan sikap bela negara mahasiswa PKn FKIP UNILA Tahun 2010.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > H Social Sciences (General)
> HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
> L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 17 Mar 2014 03:11
Terakhir diubah: 17 Mar 2014 03:11
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1358

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir