PENGARUH PENERAPAN MODEL INKUIRI TERPIMPIN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PERNAPASAN MANUSIA Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMPN 8 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011)

0613024031, LAILA PUSPITA (2011) PENGARUH PENERAPAN MODEL INKUIRI TERPIMPIN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PERNAPASAN MANUSIA Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMPN 8 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011). Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (316Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (175Kb) | Preview
[img] File PDF
bab IV fix.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (158Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB.II.pdf

Download (198Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
dapusq.pdf

Download (284Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
V.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Abstrak.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover 2.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover.pdf

Download (57Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar gambar.pdf

Download (52Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar isi.pdf

Download (72Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar tabel.pdf

Download (71Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
motto.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pengesahan.pdf

Download (64Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persembahan.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persetujuan.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
riwayat hidup.pdf

Download (57Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
sanwacana.pdf

Download (71Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstrak Proses pembelajaran biologi di SMP N 8 Bandar Lampung masih didominasi oleh guru sehingga siswa tidak aktif dalam proses pembelajaran, hal ini berdampak terhadap kurang munculnya keterampilan berpikir kritis siswa. Untuk itu perlu diberikan satu alternatif pemberian model pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan model inkuiri terpimpin. Model ini berfokus pada proses penemuan oleh siswa yang diharapkan dapat menunjang keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model inkuiri terpimpin terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain pretes-postes tak ekuivalen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 8 Bandar lampung. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII G dan VIII B yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian berupa nilai keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pokok Sistem Pernapasan pada Manusia yang diperoleh dari pretes, postes, N-gain dan data aktivitas siswa. Data pretes, postes, N-gain dianalisis secara statistik menggunakan uji t melalui program SPSS 15, sedangkan data aktivitas siswa dianalisis dengan menggunakan indeks aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Penggunaan model pembelajaran inkuiri terpimpin memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pokok Sistem Pernapasan Manusia; 2) Keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pokok Sistem Pernapasan Manusia menggunakan model pembelajaran inkuiri terpimpin lebih tinggi dibanding tanpa menggunakan model pembelajaran inkuiri terpimpin. Kata kunci : Model pembelajaran inkuiri terpimpin, materi pokok Sistem Pernapasan pada Manusia , keterampilan berpikir kritis.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 22 Oct 2015 10:17
Terakhir diubah: 22 Oct 2015 10:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13746

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir