PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI POKOK PERANAN MANUSIA DALAM KESEIMBANGAN EKOSISTEM (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 1 Terusan Nunyai Kab. Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2011/2012

0813024052, Tia Rani (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI POKOK PERANAN MANUSIA DALAM KESEIMBANGAN EKOSISTEM (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 1 Terusan Nunyai Kab. Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2011/2012. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
1. Cover Depan.pdf

Download (54Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. Abstrak.pdf

Download (99Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. Cover Dalam.pdf

Download (63Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. Halaman Persetujuan.pdf

Download (66Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. Halaman Pengesahan.pdf

Download (65Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. Riwayat Hidup.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7. Persembahan.pdf

Download (65Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8. MOTTO.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9. Pernyataan.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10. Sanwacana.pdf

Download (76Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11. Daftar Isi.pdf

Download (73Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
12. Daftar Tabel.pdf

Download (63Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
13. Daftar Gambar.pdf

Download (62Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (112Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (178Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (199Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV C2.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (479Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Aktivitas belajar merupakan kunci utama untuk mencapai tujuan pembelajaran. Hasil observasi di kelas X SMA Negeri 1 Terusan Nunyai, diketahui bahwa aktivitas belajar siswa belum dikembangkan secara secara optimal. Hal ini dikarenakan selama ini guru menggunakan metode yang kurang tepat untuk mengembangkan aktivitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran tipe Jigsaw terhadap peningkatan aktivitas belajar dan penguasaan konsep siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes non-equivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X3 dan X5 yang dipilih dari populasi secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t melalui SPSS 17. Data kualitatif berupa deskripsi aktivitas belajar siswa, dan angket tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran Jigsaw yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Jigsaw meningkatkan aktivitas siswa untuk semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen, yaitu aspek bertanya (92,31%); aspek menjawab (79,49%); aspek mengemukakan pendapat/ide (83,33%), tingginya angka-angka ini didukung oleh kualitas pertanyaan, jawaban dan pendapat siswa yang sesuai dengan materi peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem. Penguasaan konsep juga mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai pretes (59,73); postes (74,42); dan N-gain (0,37). Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model pembelajaran Jigsaw. Data angket menunjukkan bahwa (100%) siswa merasa senang dan tertarik dengan model pembelajaran Jigsaw dan menjadikan siswa lebih aktif dalam diskusi kelas dan juga kelompok. Sebanyak (96,15%) siswa berpendapat adanya tim ahli dalam model pembelajaran membuat siswa menjadi lebih mengerti dan memahami materi, sehingga siswa lebih mudah mengerjakan soal-soal setelah belajar dengan model pembelajaran Jigsaw. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan konsep oleh siswa. Kata kunci : Model pembelajaran Jigsaw, aktivitas dan penguasaan konsep siswa

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 22 Oct 2015 10:05
Terakhir diubah: 22 Oct 2015 10:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13769

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir