0613024048, Tiara Prasasti (2011) PENGARUH PENERAPAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN HEWAN (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 8 Bandar Lampung TP. 2010/2011). Digital Library.
|
File PDF
bab I eksperimen.pdf Download (157Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab ii eksperimen.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab iii eksperimen.pdf Download (150Kb) | Preview |
|
File PDF
bab iv eksperimen.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (274Kb) |
||
|
File PDF
bab v eksperimen.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (100Kb) | Preview |
|
|
File PDF
abstrak.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (47Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover2.pdf Download (63Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar gambar.pdf Download (57Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf Download (69Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar tabel.pdf Download (71Kb) | Preview |
|
|
File PDF
motto.pdf Download (43Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (65Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persembahan.pdf Download (97Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (78Kb) | Preview |
|
|
File PDF
riwayat hidup.pdf Download (55Kb) | Preview |
|
|
File PDF
sanwacana.pdf Download (92Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode eksperimen terhadap keterampilan proses sains siswa dan perbandingan keterampilan proses sains antara siswa yang menggunakan metode eksperimen pada materi pokok Struktur dan Fungsi Jaringan Hewan dengan siswa yang tidak menggunakan metode eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelompok pretes-postes tak ekuivalen. Tahap studi pendahuluan dilakukan dengan melakukan observasi dan diskusi dengan guru mata pelajaran Biologi kelas XI tentang penggunaan metode pembelajaran yang biasanya dipakai. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 dan XI IPA2 yang dipilih secara acak dengan teknik clusster random sampling. Data penelitian diperoleh dari pretes pada pertemuan pertama dan postes pada pertemuan kedua , dihitung dengan rumus N gain. Analisis data menggunakan uji–t pada taraf kepercayaan 5% dengan menggunakan program SPSS 12. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada penerapan metode pembelajaran eksperimen dengan N gain 67,88 lebih tinggi dibanding tanpa metode eksperimen 51,39. Berarti bahwa keterampilan proses sains siswa pada kelas yang pembelajarannya menggunakan metode pembelajaran eksperimen lebih tinggi daripada kelas yang pembelajarannya menggunakan metode diskusi kelompok. Hal tersebut terjadi pada setiap indikator keterampilan proses sains siswa yang digali, yaitu mengamati, mengklasifikasikan, menafsirkan, dan mengkomunikasikan. Dengan demikian dapat disimpulkan (1) penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan proses sains siswa;(2) keterampilan proses sains siswa pada penerapan metode eksperimen lebih tinggi dibanding tanpa metode eksperimen. Kata kunci : metode pembelajaran eksperimen, struktur dan fungsi jaringan hewan, keterampilan proses sains.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 22 Oct 2015 10:17 |
Terakhir diubah: | 22 Oct 2015 10:17 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13776 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |