HUBUNGAN ANTARA IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DENGAN PERILAKU SOSIAL SISWA KELAS XI IPS SMA N 10 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011

, YUNI MAYA SARI (2011) HUBUNGAN ANTARA IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DENGAN PERILAKU SOSIAL SISWA KELAS XI IPS SMA N 10 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
Cover.pdf - Published Version

Download (107Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Abstrak.pdf - Published Version

Download (169Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Mengesahkan.pdf - Published Version

Download (235Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Menyetujui.pdf - Published Version

Download (164Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Dafis.pdf - Published Version

Download (189Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (226Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf - Published Version

Download (364Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf - Published Version

Download (264Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (507Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf - Published Version

Download (174Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Dapus.pdf - Published Version

Download (92Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pendidikan karakter menjadi semakin mendesak untuk diterapkan dalam lembaga pendidikan mengingat berbagai macam perilaku yang non-edukatif kini telah menyerambah dalam lembaga pendidikan kita, seperti fenomena kekerasan, pelecehan seksual, kesewenang-wenangan yang terjadi di kalangan sekolah. Pendidikan karakter bukan sekedar memiliki dimensi integratif, dalam arti mengukuhkan moral intelektual anak didik sehingga menjadi pribadi yang kokoh dan tahan uji, melainkan juga bersifat kuratif secara personal maupun sosial. Pendidikan karakter menjadi sebuah jalan keluar bagi proses perbaikan dalam masyarakat. Situasi sosial yang ada menjadi alasan utama agar pendidikan karakter segera dilaksanakan dalam lembaga pendidikan. Pendidikan karakter yang secara sistematis diterapkan dalam sekolah merupakan daya tawar berharga bagi seluruh komunitas. Para siswa mendapat keuntungan dengan memperoleh perilaku dan kebiasaan positif yang mampu meningkatkan rasa percaya diri mereka, membuat hidup mereka lebih bahagia dan lebih produktif. Pada kenyataannya tidak semua peserta didik mau dan mampu memadukan antara pendidikan karakter di sekolah dengan sikap dan perilaku sosialnya dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan harus mengembangkan anak didik agar mampu menolong dirinya sendiri, untuk itu anak didik perlu mendapatkan berbagai pengalaman dalam mengembangkan konsep-konsep, prinsip, generalisasi, intelek, inisiatif, kreativitas, kehendak dan emosi. ii Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis hubungan antara implementasi pendidikan karakter di sekolah dengan perilaku sosial siswa kelas XI IPS SMA Negeri 10 Bandar Lampung tahun pelajaran 2010/2011. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan sampel berjumlah 24 orang responden dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan rumus Product Moment. Berdasarkan hasil pengujian hubungan, menunjukkan bahwa adanya hubungan yang nyata antara implementasi pendidikan karakter di sekolah dengan perilaku sosial siswa kelas XI IPS SMA Negeri 10 Bandar Lampung tahun pelajaran 2010/2011dengan tingkat keeratan 0,77 sehingga hubungan antara implementasi pendidikan karakter di sekolah dengan perilaku sosial siswa tergolong dalam kriteria hubungan yang erat. Sehingga dari hasil pengujian tersebut diketahui bahwa jika semakin tinggi implementasi pendidikan karakter siswa, semakin baik pula perilaku sosial siswa. Dari analisis data tersebut diperoleh hasil yang signifikan bahwa hasil perhitungan t hitung lebih besar dari t tabel (t hit ≥ t tab), yaitu 5,6 ≥ 1,72 pada taraf signifikan 5 %(0,05). Sehinggan hasil yang diperoleh dari sampel sebanyak 24 siswa berlaku seluruhnya pada populasi sebanyak 153 siswa, jika terjadi penyimpangan hanya 5% dari populasi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > H Social Sciences (General)
> L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 18 Mar 2014 07:47
Terakhir diubah: 18 Mar 2014 07:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1395

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir