KESALAHAN BERBAHASA PADA KARANGAN SISWA KELAS V SDN 04 SUKAJAWA TANJUNGKARANG BARAT TAHUN PELAJARAN 2009/2010

0613041048, TURMIYATUN (2010) KESALAHAN BERBAHASA PADA KARANGAN SISWA KELAS V SDN 04 SUKAJAWA TANJUNGKARANG BARAT TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Digital Library.

[img]
Preview
FIle PDF
abstrak.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
bab 1.pdf

Download (128Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
bab 2.pdf

Download (236Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
bab 3.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] FIle PDF
bab 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (245Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
bab 5.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
COVER skripsi.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
daftar isi skripsi.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
daftar pustaka skripsi.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (3464b) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
tabel baru.pdf

Download (163Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Masalah pada penelitian ini adalah kesalahan berbahasa pada karangan siswa kelas V SDN 04 Sukajawa Tanjungkarang Barat. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan kesalahan berbahasa pada karangan siswa. Metode Penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif. Sumber data penelitian adalah karangan siswa kelas V SDN 04 Sukajawa Tanjungkarang Barat berjumlah 18 buah karangan. Berdasarkan hasil penelitian, kesalahan berbahasa pada karangan siswa kelas V di SDN O4 Sukajawa Tanjungkarang Barat Tahun Pelajaran 2009/2010 terdiri dari penggunaan ejaan berjumlah 178 kesalahan meliputi penggunaan huruf kapital berjumlah 39 kesalahan atau 21,9%, ketidaktepatan penulisann kata berjumlah 76 kesalahan atau 42,7%, penggunaan tanda baca berjumlah 63 kesalahan atau 35,4%. Ketidaktepatan pembentukan kata berjumlah 21 kesalahan meliputi penggunaan afiks berjumlah 19 kesalahan atau 90,5% dan penggunaan kata ulang berjumlah 2 atau 9,5%. Ketidakefektifan kalimat berjumlah 158 kesalahan meliputi pengaruh bahasa asing berjumlah 5 kesalahan atau 3,2%, pengaruh bahasa daerah berjumlah 15 kesalahan atau 9,5%, kerancuan berjumlah 56 kesalahan atau 35,4%, keambiguan berjumlah 7 kesalahan atau 4,4%, kemubaziran berjumlah 49 kesalahan atau 31%, ketidaktepatan bentuk kata berjumlah 8 kesalahan atau 5,1%, ketidaktepatan makna kata berjumlah 15 kesalahan atau 9,5%, dan kenalaran berjumlah 3 kesalahan atau 1,9%. Dengan demikian, kesalahan mencolok terjadi pada kesalahan ejaan disusul kesalahan keefektifan kalimat dan kesalahan pembentukan kata.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 20 Nov 2015 01:47
Terakhir diubah: 20 Nov 2015 01:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14413

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir