EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF MENCARI PASANGAN (Make A Match) DIBANDINGKAN LKS DALAM PENGUASAAN KONSEP PENGIKHTISARAN SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG SISWA KELAS XII IPS MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN 2011-2012

1023031050, SITI LATIFAH (2012) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF MENCARI PASANGAN (Make A Match) DIBANDINGKAN LKS DALAM PENGUASAAN KONSEP PENGIKHTISARAN SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG SISWA KELAS XII IPS MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN 2011-2012. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak Siti Latifah.pdf

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA TESIS.pdf

Download (67Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
FINAL BAB I LATIFAH.pdf

Download (163Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
FINAL BAB II LATIFAH.pdf

Download (348Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
FINAL BAB III LATIFAH.pdf

Download (309Kb) | Preview
[img] File PDF
FINAL BAB IV & V LATIFAH.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (744Kb)
[img]
Preview
File PDF
JUDUL, PENGESAHAN, PERNYATAAN, MOTTO, RIWAYAT H.pdf

Download (171Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
KATA PENGANTAR & DAFTAR ISI.pdf

Download (100Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan penguasaan konsep pengikhtisaran siklus akuntansi perusahaan dagang antar model pembelajaran dan antar kemampuan awal siswa di kelas XII IPS MAN 2 Bandar Lampung, (2) perbedaan penguasaan konsep akuntansi perusahaan dagang antar model pembelajaran make a match dan LKS bagi siswa kelas XII IPS MAN 2 Bandar Lampung, (3) perbedaan penguasaan konsep akuntansi antar kemampuan awal (tinggi, sedang, dan rendah) bagi siswa kelas XII IPS MAN 2 Bandar Lampung, (4) interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap penguasaan konsep akuntansi siswa kelas XII IPS MAN 2 Bandar Lampung, (5) perbedaan rerata (mean) penguasaan konsep akuntansi antara siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif mencari pasangan (make a match) dan LKS bagi siswa yang berkemampuan awal tinggi, (6) perbedaan rerata (mean) penguasaan konsep akuntansi antara siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif mencari pasangan (make a match) dan LKS bagi siswa yang berkemampuan awal sedang, (7) perbedaan rerata (mean) penguasaan konsep akuntansi antara siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif mencari pasangan (make a match) dan LKS bagi siswa yang berkemampuan awal rendah, (8) Model pembelajaran manakah yang lebih efektif antara model pembelajaran kooperatif make a match dan LKS dalam meningkatkan penguasaan konsep akuntansi bagi siswa kelas XII IPS MAN 2 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS MAN 2 Bandar Lampung tahun pelajaran 2011-2012 sebanyak 4 kelas berjumlah 128 siswa. Sedangkan pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling, diperoleh jumlah sampel 72 siswa yang terdiri dari 36 siswa kelas XII IPS 3 (kelas eksperimen) dengan strategi kooperatif make a match dan 36 siswa kelas XII IPS 2 (kelas pembanding) dengan strategi LKS. Instrumen dalam penelitian berupa tes Siti Latifah penguasaan konsep pengetahuan awal akuntansi (pre test) untuk mendapatkan kelompok kemampuan awal akuntansi tinggi, sedang dan rendah, dan penguasaan konsep (post test) untuk mendapatkan data peningkatan penguasaan konsep akuntansi. Data hasil tes dianalisis dengan uji anova untuk hipotesis 1 sampai 4 dan uji t untuk hipotesis 5 sampai 8. Hasil penelitian menunjukkan (1) penguasaan konsep pengikhtisaran siklus akuntansi perusahaan dagang antar model dan antar kemampuan awal menyatakan 0,002 < 0,05 sehingga H0 ditolak, (2) penguasaan konsep akuntansi antar model pembelajaran menyatakan 0,000 < 0,05 sehingga h0 ditolak, (3) penguasaan konsep antar kemampuan awal (tinggi, sedang, rendah) menyatakan 0,000 < 0,05 sehingga h0 ditolak, (4) interaksi antar model pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap penguasaan konsep akuntansi menyatakan 0,002 < 0,05, sehingga H0 ditolak, (5) rerata (mean) penguasaan konsep antar model pembelajaran bagi siswa berkemampuan awal tinggi menyatakan 0,009 < 0,05 sehingga H0 ditolak, (6) rerata (mean) penguasaan konsep antar model pembelajaran bagi siswa berkemampuan awal sedang menyatakan 0,564 > 0,05 sehingga H0 diterima, (7) rerata (mean) penguasaan konsep antar model pembelajaran bagi siswa berkemampuan awal rendah menyatakan 0,006 < 0,05 sehingga H0 ditolak, (8) model kooperatif make a match lebih efektif meningkatkan penguasaan konsep akuntansi untuk siswa kelas XII IPS di MAN 2 Bandar Lampung. Kesimpulan penelitian, tanpa memperhatikan tingkat kemampuan awal peningkatan penguasaan konsep akuntansi siswa dengan pembelajaran kooperatif make a match meningkat dari rerata 65,6 menjadi rerata 75,00 (23%) lebih tinggi dari pada pembelajaran LKS meningkat dari rerata 58,33 menjadi rerata 65,14 (11,67%). Memperhatikan tingkat kemampuan awal, peningkatan penguasaan konsep akuntansi dengan pembelajaran make a match lebih tinggi pada siswa kemampuan awal tinggi dan rendah, sedangkan dengan pembelajaran LKS lebih tinggi pada siswa kemampuan awal sedang. Kata Kunci : kemampuan awal, model pembelajaran kooperatif make a match dan LKS, penguasaan konsep.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 20 Nov 2015 01:52
Terakhir diubah: 20 Nov 2015 01:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14437

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir