PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA RAGAM TULIS DI RUANG PUBLIK SMA NEGERI 12 BANDAR LAMPUNG

Dahalim, LIDA SARI (2013) PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA RAGAM TULIS DI RUANG PUBLIK SMA NEGERI 12 BANDAR LAMPUNG. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (72Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (280Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (259Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (224Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (41Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf - Published Version

Download (316Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf - Published Version

Download (86Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (685Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf - Published Version

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (5Mb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah penggunaan bahasa Indonesia ragam tulis di ruang publik SMA Negeri 12 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penggunaan bahasa Indonesia ragam tulis di ruang publik SMA Negeri 12 Bandar Lampung. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah ragam tulisan bahasa Indonesia di ruang publik SMA Negeri 12 Bandar Lampung berbentuk spanduk, brosur, iklan, surat pengumuman, dan artikel majalah dinding yang berjumlah 36 buah. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara membaca sumber data dengan cermat, menandai dan memberikan kode klasifikasi data berdasarkan penggunaan ejaan, diksi dan struktur kalimat. Selanjutnya, analisis data disajikan dan dideskripsikan berdasarkan tiga komponen tersebut. Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan penggunaan ejaan yang meliputi penulisan huruf kapital dan huruf miring, penulisan kata, penulisan unsur serapan, dan penggunaan tanda baca. Dalam penulisan huruf, banyak ditemukan penulisan yang tidak sesuai dengan Ejaan yang Disempurnakan. Dalam penulisan kata dan unsur serapan ditemukan data yang tidak sesuai dengan kaidah penulisan kata bahasa Indonesia dan bahasa asing. Fokus kedua yaitu mengenai diksi atau pemilihan kata. Dalam ragam tulis yang diteliti, kesalahan pemilihan kata lebih banyak ditemukan pada kata-kata asing yang tidak tepat penggunaannya dan lebih bersifat pemborosan kata. Fokus ketiga mengenai struktur kalimat efektif. Pola kalimat sudah sesuai kaidah tata bahasa Indonesia, namun belum memenuhi syarat kalimat efektif. Hal ini dilihat dari pemborosan kata dalam kalimat dan kepaduan makna kalimat dengan gagasan yang ingin disampaikan dalam ragam tulisan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 30 Apr 2014 03:12
Terakhir diubah: 30 Apr 2014 03:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1453

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir