Karthoni, ENDAH TRI SEPTIANI (2014) PENGGUNAAN BAHAN AJAR LEAFLET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM GERAK MANUSIA KELAS VIII SMPN 22 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (207Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (134Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (108Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (55Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (71Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (108Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (187Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (397Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (4Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Hasil wawancara dengan guru biologi yang mengajar di kelas VIII SMPN 22 Bandar Lampung diketahui bahwa dalam proses pembelajaran, guru masih terjebak dalam praktek pembelajaran yang membosankan yaitu guru hanya memberikan penugasan serta rendahnya minat baca siswa untuk membaca sumber pelajaran, sehingga berdampak rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu penggunaan bahan ajar leaflet. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar leaflet terhadap hasil belajar siswa. Desain penelitian ini adalah pretes postes tak ekuivalen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIIE (kelas eksperimen) dan kelas VIIID (kelas kontrol) yang dipilih dengan teknik clusster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretest, posttest, dan N-gain dan dianalisis dengan uji U. Data kualitatif berupa rata-rata persentase aktivitas siswa yang diperoleh dari hasil observasi pada tiap pertemuan dan angket tanggapan siswa terhadap penggunaan bahan ajar leaflet kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada bahan ajar leaflet dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai pretest (62,1); posttest (84,5); dan N-gain (59,7). Aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dengan rata-rata berkriteria cukup yaitu 72,7% hal ini juga terlihat dari peningkatan untuk semua aspek yang diamati yaitu mengemukakan pendapat/ide berkriteria cukup (67,2%); bekerja sama dengan teman dalam tugas kelompok berkriteria baik (77,9%); bertukar informasi berkriteria cukup (73,2%); bertanya berkriteria cukup (70,2%); dan mempresentasikan hasil diskusi berkriteria cukup (75,0%). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar leaflet berpengaruh signifikan dalam meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada materi pokok sistem gerak manusia. Kata kunci : leaflet, hasil belajar, sistem gerak manusia.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 06 May 2014 06:34 |
Terakhir diubah: | 06 May 2014 06:34 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1480 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |