PERBANDINGAN PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI DENGAN METODE PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGGUNAAN MIKROSKOP (Eksperimen Semu pada Siswa Kelas VII SMP N 19 Bandar Lampung T.P 2012/2013)

Usman Ali, SEPTINA USMAN (2014) PERBANDINGAN PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI DENGAN METODE PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGGUNAAN MIKROSKOP (Eksperimen Semu pada Siswa Kelas VII SMP N 19 Bandar Lampung T.P 2012/2013). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (42Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (480Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (600Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (189Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (125Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB II.pdf - Published Version

Download (119Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB III.pdf - Published Version

Download (157Kb) | Preview
[img] FIle PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (496Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
BAB V.pdf - Published Version

Download (73Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (101Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (5Mb)

Abstrak

Hasil observasi pada kelas VII SMP Negeri 19 Bandar Lampung, diketahui bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa, salah satunya dengan menggunakan metode demonstrasi dan metode praktikum. Metode ini mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa, sehingga siswa akan lebih aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pengaruh penerapan metode demonstrasi dengan metode praktikum terhadap peningkatan hasil belajar kognitif dan afektif siswa dan untuk mengetahui perbandingan rata-rata hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan metode demonstrasi dan metode praktikum. Penelitian ini merupakan eksperimental semu dengan desain pretes postes non-equivalen. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIC dan VIID yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian berupa nilai hasil belajar Septina Usman iii aspek kognitif dan afektif. Aspek kognitif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, post test dan N-gain, sedangkan aspek afektif diperoleh dari lembar observasi afektif yang diambil pada setiap pertemuan kemudian dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji U menggunakan bantuan program software SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode praktikum berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar pada aspek kognitif dan afektif siswa dibandingkan dengan penerapan metode demonstrasi. Hasil belajar mengalami peningkatan, dengan rata-rata nilai pretes sebesar (-1,30); nilai post test (5,29); dan N-gain (8,37). Peningkatan hasil belajar afektif siswa juga terjadi dalam semua aspek dengan persentase pada aspek kerajinan bernilai sebesar (82,09%); keaktifan sebesar (83,11%); kesopanan sebesar (78,38%); kemampuan mengemukakan pendapat sebesar (78,72%) dan aspek bekerjasama dengan teman sebesar (75,00%). Dengan demikian, pembelajaran menggunakan metode praktikum berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar pada aspek kognitif dan afektif siswa dibandingkan dengan penerapan metode demonstrasi. Kata kunci : Hasil belajar, Metode demonstrasi, Metode praktikum, Penggunaan Mikroskop

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 08 May 2014 03:43
Terakhir diubah: 08 May 2014 03:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1491

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir