PERBANDINGAN PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB DAN POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA

0313024038, Surya Darma (2010) PERBANDINGAN PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB DAN POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (104Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (133Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (32Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER SKRIPSI DALAM.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER SKRIPSI LUAR.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (71Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR Tabel.pdf

Download (62Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan hasil observasi di SMA Negeri 5 Bandar Lampung, diketahui bahwa penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah karena guru masih dominan menggunakan metode ceramah dengan media sederhana. Oleh karena itu perlu alternatif media pembelajaran yang lain, yaitu media pembelajaran berbasis web dan power point yang diharapkan agar siswa lebih mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa pada materi pokok sistem ekskresi pada manusia dengan menggunakan media pembelajaran berbasis web dan power point serta membandingkan pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis web dan power point terhadap hasil belajar aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa pada materi pokok sistem ekskresi pada manusia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Bandar Lampung tahun pelajaran 2009 - 2010. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI IPA4 sebagai kelas eksperimen I yang diberi perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran berbasis web dan XI IPA3 sebagai kelas eksperimen II yang diberi perlakuan dengan menggunakan media power point. Sampel diambil dengan tehnik simple random sampling. Data penelitian ini berupa nilai hasil belajar aspek kognitif, afektif dan psikomotorik pada Materi Pokok Sistem Ekskresi pada Manusia. Nilai hasil belajar aspek kognitif siswa diperoleh dari nilai pretest dan posttest, sementara nilai aspek afektif dan psikomotorik diambil dengan lembar observasi pada setiap pertemuan. Rata-rata gain score, nilai afektif dan psikomotorik tersebut kemudian di analisis dengan uji t menggunakan software SPSS 17.0 Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan signifikan antara hasil belajar aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis web dan power point (2) hasil belajar aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis web lebih tinggi daripada media pembelajaran power point. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis web lebih berpengaruh terhadap hasil belajar aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa daripada media pembelajaran power point. Kata kunci: media berbasis web, power point, sistem ekskresi, hasil belajar.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: tik7 . Unila
Date Deposited: 07 Dec 2015 02:11
Terakhir diubah: 07 Dec 2015 02:11
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15069

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir