0613023019, DEVI SUSILAWATI (2012) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN INFERENSI DAN PENGUASAAN KONSEP HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA. Other thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
1.Cover Skripsi Apik.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2.ABSTRAK.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3.Cover Dalam Skripsi Apik.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4.Lembar Persetujuan Apik.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5.Lembar Mengesahkan Apik.pdf Download (24Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6.Lembar Riwayat Hidup Apik.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7.Lembar Persembahan Apik.pdf Download (33Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8.Lembar Motto Apik.pdf Download (43Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9.Lembar Sanwacana Apik.pdf Download (64Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10.DAFTAR ISI.pdf Download (54Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11.DAFTAR TABEL.pdf Download (33Kb) | Preview |
|
|
File PDF
12.DAFTAR GAMBAR.pdf Download (64Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I (Autosaved).pdf Download (93Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II fix.pdf Download (138Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III fix.pdf Download (224Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV fix print.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (114Kb) |
||
|
File PDF
BAB V apik.pdf Download (51Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER proposal FIX.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Surat Pernyataan.pdf Download (5Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan hasil observasi di SMA Al Azhar 3 Bandarlampung diketahui bahwa proses pembelajaran lebih dominan menerapkan metode ceramah diselingi tanya jawab dan latihan soal serta siswa kurang dilibatkan langsung dalam menemukan konsep. Hal ini belum sesuai dengan KTSP yang proses pembelajarannya harus berpusat pada siswa. Oleh karena itu, perlu diterapkan suatu model pembelajaran yang mampu melibatkan siswa dalam menemukan konsep, yaitu pembelajaran yang bersifat konstruktivisme. Salah satunya adalah inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan efektivitas pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatan keterampilan inferensai dan penguasaan konsep siswa pada materi hukum-hukum dasar kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X tahun pelajaran 2011/2012. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas X 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X 6 Devi Susilawati sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen menggunakan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas pembelajaran ini diukur berdasarkan n-Gain dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain keterampilan inferensi dan penguasaan konsep kelas eksperimen 0,18 dan 0,36 dan kelas kontrol 0,14 dan 0,30. Tetapi berdasarkan pengujian hipotesis, kelas dengan pembelajaran inkuiri terbimbing memiliki keterampilan inferensi lebih rendah daripada kelas dengan pembelajaran konvensional. Sedangkan kelas dengan pembelajaran inkuiri terbimbing memiliki penguasaan konsep lebih tinggi daripada penguasaan konsep pada kelas dengan pembelajaran konvensional. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing tidak efektif dalam meningkatkan keterampilan inferensi tetapi efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep hukum-hukum dasar kimia dibandingkan pembelajaran konvensional.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 07 Dec 2015 02:08 |
Terakhir diubah: | 07 Dec 2015 02:08 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15224 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |