0743023034, MASNELI YATI (2012) EFEKTIVITAS MODEL LEARNING CYCLE 3E DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN INFERENSI DAN PENGUASAAN KONSEP KESETIMBANGAN KIMIA. Other thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
1.COVER 1.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. PERNYATAAN.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. Abstrak.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. COVER 2.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. pengesahan.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. RIWAYAT HIDUP.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7.PERSEMBAHAN.pdf Download (33Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. MOTTO.pdf Download (34Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. SANWACANA.pdf Download (75Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. DAFTAR ISI.pdf Download (56Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. Daftar Tabel.pdf Download (25Kb) | Preview |
|
|
File PDF
I.pdf Download (97Kb) | Preview |
|
|
File PDF
II.pdf Download (118Kb) | Preview |
|
|
File PDF
III.pdf Download (224Kb) | Preview |
|
File PDF
IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (232Kb) |
||
|
File PDF
V.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (15Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan hasil observasi di SMA Persada Bandar Lampung diketahui bahwa proses pembelajaran lebih dominan diterapkan metode ceramah diselingi tanya jawab dan latihan soal sehingga siswa kurang dilibatkan langsung dalam menemu- kan konsep. Hal ini belum sesuai dengan KTSP yang proses pembelajarannya harus berpusat pada siswa. Oleh karena itu, perlu diterapkan suatu model pembe- lajaran yang mampu melibatkan siswa dalam menemukan konsep, yaitu pembela- jaran yang bersifat konstruktivisme. Salah satunya adalah model Learning Cycle 3E. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model Learning Cycle 3E dalam meningkatkan keterampilan inferensi dan penguasaan konsep kesetim- bangan kimia. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Persada Bandar Lampung semester ganjil tahun 2011-2012. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan cara purposive sampling. Metode penelitian Masneli Yati ini adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Ana- lisis data menggunakan N-Gain dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata N-gain keterampilan inferensi dan penguasaan konsep untuk kelas eksperimen 0,69 dan 0,46, dan untuk kelas kontrol 0,60 dan 0,38. Berdasarkan pengujian hipotesis, kelas dengan model Learning Cycle 3E memiliki keterampilan inferensi dan penguasaan konsep yang lebih tinggi dari kelas dengan pembelajaran konvensional. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model Learning Cycle 3E lebih baik dalam meningkatkan keterampilan inferensi dan penguasaan konsep kesetimbangan kimia
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 07 Dec 2015 01:58 |
Terakhir diubah: | 07 Dec 2015 01:58 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15252 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |