EFEKTIVITAS MODEL LEARNING CYCLE 3E DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN INFERENSI DAN PENGUASAAN KONSEP KESETIMBANGAN KIMIA

0743023034, MASNELI YATI (2012) EFEKTIVITAS MODEL LEARNING CYCLE 3E DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN INFERENSI DAN PENGUASAAN KONSEP KESETIMBANGAN KIMIA. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1.COVER 1.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. PERNYATAAN.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. Abstrak.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. COVER 2.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. pengesahan.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7.PERSEMBAHAN.pdf

Download (33Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8. MOTTO.pdf

Download (34Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9. SANWACANA.pdf

Download (75Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10. DAFTAR ISI.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11. Daftar Tabel.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
I.pdf

Download (97Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
II.pdf

Download (118Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
III.pdf

Download (224Kb) | Preview
[img] File PDF
IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (232Kb)
[img]
Preview
File PDF
V.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan hasil observasi di SMA Persada Bandar Lampung diketahui bahwa proses pembelajaran lebih dominan diterapkan metode ceramah diselingi tanya jawab dan latihan soal sehingga siswa kurang dilibatkan langsung dalam menemu- kan konsep. Hal ini belum sesuai dengan KTSP yang proses pembelajarannya harus berpusat pada siswa. Oleh karena itu, perlu diterapkan suatu model pembe- lajaran yang mampu melibatkan siswa dalam menemukan konsep, yaitu pembela- jaran yang bersifat konstruktivisme. Salah satunya adalah model Learning Cycle 3E. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model Learning Cycle 3E dalam meningkatkan keterampilan inferensi dan penguasaan konsep kesetim- bangan kimia. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Persada Bandar Lampung semester ganjil tahun 2011-2012. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan cara purposive sampling. Metode penelitian Masneli Yati ini adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Ana- lisis data menggunakan N-Gain dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata N-gain keterampilan inferensi dan penguasaan konsep untuk kelas eksperimen 0,69 dan 0,46, dan untuk kelas kontrol 0,60 dan 0,38. Berdasarkan pengujian hipotesis, kelas dengan model Learning Cycle 3E memiliki keterampilan inferensi dan penguasaan konsep yang lebih tinggi dari kelas dengan pembelajaran konvensional. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model Learning Cycle 3E lebih baik dalam meningkatkan keterampilan inferensi dan penguasaan konsep kesetimbangan kimia

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 07 Dec 2015 01:58
Terakhir diubah: 07 Dec 2015 01:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15252

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir