FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN LINGKUNGAN PADA PERUSAHAAN KEHUTANAN DAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

0311031057, EVI ARIESTY (2011) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN LINGKUNGAN PADA PERUSAHAAN KEHUTANAN DAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Digital Library.

[img]
Preview
Text
0311031057-abstrak.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0311031057-kesimpulan.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0311031057-pendahuluan.pdf

Download (195Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh sejauh mana pengungkapan lingkungan hidup telah dilakukan oleh perusahaan kehutanan dan pertambangan di Indonesia, dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pengungkapan lingkungan oleh perusahaan-perusahaan tersebut. Tingkat pengungkapan limgkungan perusahaan diukur dengan menggunakan indeks pengungkapan lingkungan yang diadopsi dan dimodifikasi dari indeks yang dikembangkan oleh Clarkson et.al. (2007). Faktor-faktor yang diduga mempengaruhi tingkat pengungkapan lingkungan perusahaan adalah ukuran perusahaan, profitabilitas, financial leverage, profil dewan komisaris, dan kepemilikan manajemen. Sampel penelitian ini diambil dengan metode purposive judgement sampling. Populasi penelitian adalah seluruh perusahaan kehutanan dan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode lima tahun. Hasil akhir mendapatkan dua belas perusahaan sebagai sampel, sehingga didapatkan enam puluh laporan tahunan sebagai objek penelitian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi 12.00. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pengungkapan lingkungan pada perusahaan kehutanan dan pertambangan di Indonesia masih sangat rendah, namun terus mengalami peningkatan selama lima tahun periode penelitian. Analisis regresi menunjukkan bahwa faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat pengungkapan lingkungan pada perusahaan sampel adalah ukuran perusahaan dan kepemilikan manajemen, sedangkan profitabilitas, financial leverage, dan profil dewan komisaris tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat pengungkapan lingkungan perusahaan sampel. Kata kunci: pengungkapan lingkungan, indeks pengungkapan lingkungan, ukuran perusahaan, profitabilitas, financial leverage, profil dewan komisaris, kepemilikan manajemen.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek:
Depositing User: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 08 Dec 2015 09:01
Last Modified: 08 Dec 2015 09:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15348

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir