0413022002, DEWI RAHMAWATI (2012) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA MELALUI PEMBERIAN PRETEST DAN POSTEST DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF. Digital Library.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (4Mb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (18Mb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (6Mb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB IV.pdf Download (115Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB V.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR Tabel.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
halaman Penyetujuan.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Surat Pernyataan.pdf Download (4Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan salah seorang guru fisika Dewi Rahmawati kelas VIII di SMP Surya Dharma 2 Bandar Lampung menunjukkan bahwa 95,8% siswa menginginkan pembelajaran sains lebih banyak praktek dari pada teori sehingga proses pembelajaran tidak membosankan dan 100% siswa menginginkan pembelajaran lebih banyak humor, menyenangkan, dan santai. Hal ini didukung dari survey awal peneliti dimana interaksi antar siswa kurang, karena siswa hanya mengerjakan tugas secara individu, kurangnya kreativitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah dapat mendeskripsikan kreativitas, pemahaman konsep dan kompetensi belajar siswa menggunakan pembelajaran kooperatif dengan pendekatan keterampilan proses pada materi poko cahaya. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII Akselerasi di SMP Negeri 2 Bandar Lampung yang berjumlah 24 orang. Dewi Rahmawati Penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Pada siklus I diperoleh rata-rata pretest 78,79, rata-rata postest 73,65, rata-rata prestasi belajar 49,74. Pada siklus II diperoleh pretest 80,83, rata-rata postest 81,30, rata-rata prestasi belajar 77,68. Pada siklus III rata-rata pretest diperoleh 81,67, rata-rata postest 81,51, rata-rata prestasi belajar 80,94. Berdasarkan pelaksanaan tindakan yang dilakukan peneliti, pada siklus I, II dan III terjadi peningkatan terhadap kreativitas berfikir, penguasaan konsep, dan kompetensi belajar, jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran fisika materi pokok cahaya menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan kreativitas berfikir, penguasaan konsep dan kompetensi belajar siswa.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | TIK . 6 |
Date Deposited: | 10 Dec 2015 04:06 |
Terakhir diubah: | 10 Dec 2015 04:06 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15458 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |