STUDI TENTANG KEMAMPUAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PENYUSUNAN BAHAN AJAR DI SMA PERINTIS I BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011

0613032050, YULIS WIYOGO STUDI TENTANG KEMAMPUAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PENYUSUNAN BAHAN AJAR DI SMA PERINTIS I BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. COVER.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. PERSETUJUAN.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. SURAT PERNYATAN MATERAI.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7. PERSEMBAHAN.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8. SANWACANA.pdf

Download (181Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9. Daftar Isi.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9. MOTTO.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10. DAFTAR TABEL.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11. DAFTAR Gambar.pdf

Download (3114b) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (169Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (145Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (114Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (260Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (9Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2005 Pasal 20 tentang Standar Nasional Pendidikan, diisyaratkan bahwa guru diharapkan mengembangkan materi pembelajaran, yang kemudian dipertegas malalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses, yang antara lain mengatur tentang perencanaan proses pembelajaran yang mensyaratkan bagi pendidik pada satuan pendidikan untuk mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Salah satu elemen dalam RPP adalah sumber belajar. Dengan demikian, guru diharapkan untuk mengembangkan bahan ajar sebagai salah satu sumber belajar Bahan ajar atau materi pembelajaran (instructional materials) secara garis besar terdiri dari pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dipelajari siswa dalam rangka mencapai standar kompetensi yang telah ditentukan. Secara terperinci, jenis-jenis materi pembelajaran terdiri dari pengetahuan (fakta, konsep, prinsip, prosedur), keterampilan, dan sikap atau nilai. Secara faktual penulis melihat kemampuan guru-guru di SMA PERINTIS I Bandar Lampung dalam menyusun bahan ajar masih lemah. Mungkin faktor penyebabnya adalah guru belum mampu mengembangkan bahan ajar secara mandiri, guru lebih banyak mengandalkan buku paket, guru kurang menyadari akan pentingnya menyusun bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan, manfaat bahan ajar dalam penyiapan perangkat pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran, guru kurang memahami mekanisme dan teknis menyusun bahan ajar yang benar, terbatasnya sarana TIK di sekolah dan terbatasnya kemampuan guru dalam pemanfaatannya. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah ‘Bagaimanakah kemampuan guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam penyusunan bahan ajar di SMA PERINTIS I Bandar lampung Tahun Pelajaran 2010-2011”. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimanakah kemampuan guru YULIS WIYOGO Pendidikan Kewarganegaraan dalam penyusunan bahan ajar di SMA PERINTIS I Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011 . Teknik pokok pengumpulan data menggunakan angket, sedangkan wawancara, dokumentasi sebagai teknik penunjang. Uji reabilitas angket dengan menggunakan rumus Product Moment, kemudian menggunakan rumus Spearman brown. Untuk analisis data menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian analisis kemampuan guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam penyusunan bahan ajar di SMA PERINTIS I Bandar lampung Tahun Pelajaran 2010-2011. dilihat dari indikator sumber dalam penyusunan bahan ajar, 25% dari 4 responden sudah menggunakan beberapa sumber bahan ajar yaitu bahan pelajaran seperti; buku paket, modul, slide, dan tempat atau lingkungan. Dari indikator proses penyusunan bahan ajar, 50% dari 4 responden telah mengerti dan memahami proses penyusunan bahan ajar melalui beberapa prosedur yaitu memahami standar isi dan standar kompetensi lulusan, silabus, program semeter, dan rencana pelaksanaan pembelajaran; mengidentifikasi jenis materi pembelajaran berdasarkan pemahaman terhadap poin; melakuan pemetaan materi; menetapkan bentuk penyajian; menyusun struktur (kerangka) penyajian; membaca buku sumber.; mendraf (memburam) bahan ajar. merevisi (menyunting) bahan ajar; mengujicobakan bahan ajar; dan merevisi dan menulis akhir (finalisasi). Sedangkan pada indikator hasil dari penyusunan bahan ajar, 50% dari 4 responden sudah memiliki keterkaitan erat dan memadainya bahan ajar untuk mencapai Kompetensi Dasar . Dari hasil data tersebut diatas menunjukan bahwa penelitian pada analisis kemampuan guru PKn dalam penyusunan bahan ajar di SMA PERINTIS I Bandar lampung tahun 2010/2011 . Dinyatakan bahwa kemampuan guru dalam sumber dan proses penyusunan bahan ajar sehingga guru dalam menyusun bahan ajar sudah baik, tapi dalam hasil dari penyusunan bahan ajarnya harus lebih baik lagi Adapun saran yang dapat penulis berikan untuk Dinas pendidikan agar dapat mengangkat guru yang memiliki kualifikasi akademik,kompetensi, sertifikat pendidik, dan mampu mewujudkan sistem pendidikan nasional sesuai dengan bidangnya masing-masing. Untuk Kepala sekolah agar dapat membuat kebijakan yang mengutamakan kedisiplinan yang penuh terhadap penyelenggaraan sistem pendidikan di sekolah. Dan Untuk Bapak/Ibu Guru agar lebih memahami dan menjalankan sepuluh kompetensi mengajar yaitu menguasai bahan, mengelola program belajar mengajar, mengelola kelas, menggunakan media atau sumber belajar, menguasai landasan-landasan kependidikan, mengelola interaksi belajar mengajar, menilai prestasi siswa, mengenal fungsi program bimbingan di sekolah, mengenal dan menyelenggarakan administrasi sekolah, memahami prinsip–prinsip dan menafsirkan hasil penelitian untuk keperluan pengajaran.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: tik7 . Unila
Date Deposited: 14 Dec 2015 01:57
Terakhir diubah: 14 Dec 2015 01:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15542

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir