PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING(PBL) DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI)

0743022046, ROGANDI DAMAYANTO (2012) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING(PBL) DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI). Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (857Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 1.pdf

Download (6Mb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 2.pdf

Download (17Mb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 3.pdf

Download (6Mb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 4.pdf

Download (9Mb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 5.pdf

Download (1601Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (156Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER LUAR.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (120Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (778Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1005Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (197Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTTO.pdf

Download (211Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PENGESAHAN.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (290Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSETUJUAN.pdf

Download (151Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (1093Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (214Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Salah satu karakteristik fisika adalah mempunyai objek kajian yang bersifat abstrak. Sifat abstrak ini yang menyebabkan banyak siswa mengalami kesulitan dalam menguasai konsep-konsep fisika. Hal ini mengakibatkan hasil belajar fisika menurun. Oleh karena itu perlu model pembelajaran yang berbeda dan inovatif agar pembelajaran fisika di sekolah tidak dianggap sebagai pelajaran yang sulit. Keberhasilan dalam proses belajar mengajar salah satunya dipengaruhi oleh model pembelajaran yang efektif pada saat proses pembelajaran dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa dapat ditingkatkan menggunakan Model Pembelajaran PBL dan Model Pembelajaran Kooperatif tipe GI, karena kedua model tersebut mampu membantu siswa dalam menguasai suatu konsep materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Perbedaan rata-rata hasil belajar aspek kognitif siswa pada pembelajaran fisika siswa yang proses pembelajarannya menggunakan Model PBL dengan yang proses pembelajarannya menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe GI, (2) Mengetahui hasil belajar fisika yang tinggi antara Model Pembelajaran PBL dan Model Pembelajaran Kooperatif tipe GI ditinjau dari kemampuan kognitif siswa. Desain eksperimen pada penelitian ini menggunakan bentuk Pre-Eksperimental Design dengan tipe One-Group Pretest- Posttest Design. Penelitian ini dilakukan di SMK 2 Mei Bandar Lampung yang menggunakan 2 kelas ekperimen, yaitu kelas eksperimen 1 menggunakan Model Pembelajaran PBL dan kelas eksperimen 2 menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe GI. Hasil belajar diukur dari nilai hasil evaluasi pretest dan posttest menggunakan skor N-gain dan pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sample T Test. Berdasarkan skor rata-rata N-gain diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 1 (Model Pembelajaran PBL) sebesar 0,72 (kategori tinggi) dan berdasarkan skor gain diperoleh kenaikan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 69%. Pada kelas eksperimen 2 (Model Pembelajaran GI) diperoleh skor N-gain rata-rata hasil belajar siswa sebesar 0,64 (kategori sedang) dengan kenaikan skor rata-rata sebesar 61%. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa ada perbedaan rata- rata hasil belajar pada setiap kelas eksperimen dan skor N-gain rata-rata. Kenaikan skor rata-rata Model Pembelajaran PBL lebih tinggi dari Model Pembelajaran Kooperatif tipe GI maka dapat dikatakan Model Pembelajaran PBL lebih efektif digunakan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: TIK . 6
Date Deposited: 14 Dec 2015 01:57
Terakhir diubah: 14 Dec 2015 01:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15554

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir