EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 10 BANDARLAMPUNG

, Fatma Asri (2011) EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 10 BANDARLAMPUNG. Masters thesis, Fakultas KIP.

[img]
Preview
File PDF
Hal depan Ftm.pdf - Published Version

Download (216Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
abstrak fatma-rich text format.pdf - Published Version

Download (245Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Isi.pdf - Published Version

Download (1317Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Kriteria evaluasi.pdf - Published Version

Download (478Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif evaluasi yang bertujuan: 1) mendeskripsikan context evaluasi program pembelajaran di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 10 Bandarlampung dalam pembelajaran yang berkaitan dengan kondisi lingkungan pembelajaran; 2) mendeskripsikan input evaluasi program pembelajaran yang berkaitan dengan ketersediaan sarana dan prasarana pembelajaran, motivasi kerja guru, dan sumber daya; 3) mendeskripsikan tentang process evaluasi program pembelajaran di Bandarlampung yang berkaitan dengan keterampilan guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan evaluasi pembelajaran; 4) mendeskripsikan product evaluasi program pembelajaran. Rancangan penelitian yang digunakan adalah evaluasi dengan pendekatan CIPP. Unit analisis dalam penelitian ini adalah guru SMA N 10 Bandarlampung yang berjumlah 18 orang terdiri dari 17 guru mata pelajaran ditambah 1 orang guru Bimbingan dan Konseling dari 58 orang total jumlah guru. Hasil penelitian adalah 1) komponen context: (a) visi dari SMA N 10 Bandarlampung telah sesuai dengan tujuan pendidikan nasional dan institusi itu sendiri serta telah melibatkan para pemangku kebijakan dalam penyusunannya sehingga sesuai Permendiknas no. 19 tahun 2007 tentang standar pengelolaan, bagian A, subbagian 1dan 2 tentang visi dan misi; (b) terdapat keragaman budaya, namun tidak semua tuntutan Permendiknas no. 19 tahun 2007 tentang standar pengelolaan, bagian B, subbagian 9 mengenai budaya dan lingkungan sekolah telah tercapai, tetapi upaya pembudayaan berjalan secara optimal untuk mencapai kondisi budaya ideal yang diharapkan; (c) terdapat dukungan pimpinan kepada para guru dalam melaksanakan pembelajaran; 2) komponen input: (a) kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum SMA N 10 Bandarlampung yang disusun berdasarkan pedoman penyusunan KTSP dari BSNP dan mengacu pada Permendiknas no. 22, 23 dan 24 tahun 2006 serta Permendiknas no. 6 tahun 2007 tentang perubahan permen no 24 tahun 2006 dan sesuai dengan PP no 19 tahun 2005 pasal 52 ayat 1 poin a, seluruh dokumen kurikulum yang diperlukan telah tersedia (b) ketersediaan ruang belajar cukup, (c) Ketersediaan alat pembelajaran sudah baik, sedikitnya dua macam alat alat pembelajaran seperti LCD dan OHP, meskipun rasionya belum memadai, buku perpustakaan sudah cukup baik sesuai Permendiknas 24 tahun 2007, bagian D tentang kelengkapan sarana dan prasarana poin 2, 3, 4, 5, 6, 7; dan motivasi guru sesuai dengan PP 74 th 2008. Bab II Pasal 3 tentang kompetensi kepribadian guru 3) komponen process: (a) perencanaan pembelajaran menurut PP no 19 tahun 2005 pasal 20, 21, 22, 23, dan 24 dan Permendiknas no. 41 tahun 2007 tentang standar Process bagian II subbagian B dan C terdapat dua orang guru dengan perangkat pembelajaran yang baik, 14 orang guru dengan perangkat pembelajaran yang cukup, dan dua orang guru dengan perangkat pembelajaran yang kurang baik, (b) pelaksanaan Process pembelajaran, menunjukan terdapat 2 orang guru dengan kategori baik, 11 orang guru dengan kategori cukup dan 5 orang guru dengan kategori kurang; 4) komponen product: Sebagian besar unsur yang membentuk kinerja telah dilakukan oleh guru SMA N 10 Bandarlampung, mekipun tidak secara keseluruhan dilaksanakan dengan baik tetapi sebagian besar unsur tersebut telah dilaksanakan.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > H Social Sciences (General)
> L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 09 May 2014 04:00
Terakhir diubah: 09 May 2014 04:00
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1556

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir