PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) DAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI)

0813022023, Diana Asmayanti (2012) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) DAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI). Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
COVER LUAR.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (614Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (141Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENYETUJUI.pdf

Download (153Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENGESAHKAN.pdf

Download (96Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (205Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (351Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTTO.pdf

Download (114Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (223Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (975Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (1770Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (264Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (525Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (7Mb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (32Mb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (11Mb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (25Mb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (898Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1223Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penerapan model pembelajaran kooperatif pada pembelajaran fisika dapat menciptakan interaksi yang baik bagi siswa dalam memahami materi pelajaran. Terdapat beberapa model pembelajaran kooperatif di antaranya Think Pair and Share (TPS) dan Team Assisted Individualization (TAI). Penerapan kedua tipe model pembelajaran ini menghasilkan hasil belajar kognitif yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan nilai hasil belajar fisika siswa, menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TPS dan tipe TAI serta mengetahui perolehan nilai hasil belajar fisika siswa manakah yang lebih tinggi menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TPS atau tipe TAI. Desain penelitian ini adalah counterbalanced design. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data hasil belajar kognitif menggunakan skor N-gain dan pengujian hipotesis menggunakan uji t (Independent Samples T- Test). Hasil penelitian diperoleh, N-gain rata-rata hasil belajar kognitif siswa yang diberi model pembelajaran TPS sebesar 0,612 dengan kategori sedang. Sedangkan pada siswa yang diberi model pembelajaran TAI N-gain rata-rata hasil belajar kognitif siswa sebesar 0,684 dengan katergori sedang. Perbedaan rata-rata N-gain hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran tipe TPS dan tipe TAI adalah sebesar 0,072. Hasil penelitian memperlihatkan adanya perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang diberikan model pembelajaran Think Pair and Share (TPS) dengan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI), dimana hasil belajar kognitif siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) lebih tinggi daripada hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS).

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: TIK . 6
Date Deposited: 18 Dec 2015 07:25
Terakhir diubah: 18 Dec 2015 07:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15689

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir