PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IX.A DI SMPN 12 KOTABUMI LAMPUNG UTARA TP. 2010/2011

, Saifi (2011) PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IX.A DI SMPN 12 KOTABUMI LAMPUNG UTARA TP. 2010/2011. Masters thesis, Fakultas KIP.

[img] File PDF
T e s i s.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1213Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Keberhasilan sebuah proses pembelajaran antara lain ditentukan dan dipengaruhi oleh sejauhmana persiapan yang dilakukan oleh guru selaku fasilitator pendidikan dalam melaksanakan proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di kelas IX.A pada SMPN 12 Kotabumi, aktivitas dan hasil belajar IPS masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) meningkatkan aktivitas belajar, (2) meningkatkan prestasi belajar. Untuk mengatasi hal tersebut akan digunakan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa, penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas (Action Research) dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, test dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dengan melalui pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada kelas IX.A di SMPN 12 Kotabumi ternyata dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Peningkatan aktivitas belajar pada siklus 1 pertemuan pertama sebesar 28,6%,(10 siswa) pertemuan kedua sebesar 48,5% (16 siswa) dan pada siklus 2 pertemuan pertama sebesar 77,1% (27 siswa) dan pertemuan kedua sebesar 91,2% (31 siswa). Peningkatan prestasi belajar pada siklus 1 pertemuan pertama sebesar 28,6% (10 siswa), pertemuan kedua sebesar 54,5% (18 siswa) dan pada siklus 2 pertemuan pertama sebesar 68,6% (24 siswa) dan pertemuan kedua sebesar 83,3% (30 siswa). Kata kunci: Jigsaw, Aktivitas belajar dan Prestasi belajar.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > H Social Sciences (General)
> L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 10 May 2014 05:43
Terakhir diubah: 10 May 2014 05:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1580

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir